Pesan Hj. Cut Harnailis Untuk Ketua TP-PKK dan Bunda Paud Kecamatan dan Gampong se-Asel Tahun 2017

ACEH SELATAN - Ketua TP-PKK Kabupaten Aceh Selatan, Hj. Cut Harnailis mengukuhkan Ketua TP-PKK dan Bunda Paud Kecamatan dan Gampong se-Kabupaten Aceh Selatan tahun 2017, berlangsung di Rumoh Agam, Gampong Jambo Apha, Kecamatan Tapaktuan, Kabupaten Aceh Selatan, Rabu (13/09/2017).

Hadir dalam acara tersebut, Sekda H. Nasjuddin, SH, MM, Asisten II Zaini Bakri, Kepala BPKD Diva Samudra Putra, SE, MM, Kepala Dinas Perpustakaan Darwis Aziz, Ketua Persit Kodim 0107 Aceh Selatan, Ketua Dharma Wanita, Ketua Bhayangkari, Camat serta para Ketua PKK dan Bunda PAUD Kecamatan dan Gampong se-Kabupaten Aceh Selatan.

Sekda Nasjuddin mewakili Bupati Aceh Selatan dalam sambutannya mengatakan PKK adalah gerakan yang muncul dan tumbuh dari bawah dengan wanita, khususnya para ibu sebagai penggeraknya.

"Pemberdayaan masyarakat akan terwujud bila ada upaya pemberdayaan keluarga, yang dapat diupayakan guna meningkatkan pengetahuan dan kemampuan gampong beserta kadernya sehingga lebih berdaya guna dalam melaksanakan tugas dan fungsinya," katanya.
Lebih lanjut, Sekda menjelaskan bahwa Bunda PAUD harus bisa mengubah pola pikir masyarakat baik di tingkat gampong serta kecamatan untuk memahami arti penting PAUD bagi orang tuanya. Sebab anak adalah investasi masa depan dan dapat mewujudkan lembaga layanan PAUD satu gampong satu PAUD.

"Pemahaman seperti ini yang harus kita paparkan agar memotivasi masyarakat supaya urgensi sasaran layanan kepada insan pendidikan dan orang tua lebih optimal sehingga program PAUD dapat berjalan dengan baik dan pendidikan yang fundamental ini diberikan kepada anak usia dini dengan berbagai sosialisasi secara berkala," ungkap Sekda Nasjuddin.

Sebelumnya, Ketua TP-PKK dan juga Bunda PAUD Kabupaten Aceh Selatan Cut Harnailis mengingatkan kepada semua Ketua TP-PKK dan Bunda PAUD kecamatan dan gampong bahwa pengurus PKK dan PAUD adalah wanita.

"Karena itu wanita adalah posisi strategis dalam mewujudkan keluarga yang sakinah, mawaddah, warahmah dalam melahirkan generasi yang Islami, cerdas, berkarakter dan saling menyayangi," ucapnya.

Selain itu, Cut Harnailis menjelaskan bahwa kegiatan pengukuhan hari ini adalah pengukuhan yang kedua selama dirinya menjabat, yang pertama dulu dilaksanakan pada tahun 2014. Namun, yang menjadi tantangan kita adalah bagaimana membudayakan PKK sesuai dengan eksistensinya.

"Kepada semua Bunda PAUD yang sudah dilantik agar selalu bekerja dalam membina pendidikan anak usia dini di kecamatan dan gampong karena awal dari terciptanya generasi emas yaitu diawali dengan pendidikan pada usia dini," jelasnya.

Lanjut, dia, PAUD bukanlah tanggung jawab pemerintah semata. Namun, dalam keluarga juga harus mampu membina anak-anak yang lebih baik. Pemerintah Pusat begitu fokus
mengembangkan PAUD secara nasional termasuk di Kabupaten Aceh Selatan.

"Maka dari itu, kami berpesan kepada Bunda PAUD kecamatan dan gampong agar membimbing anak-anak dengan penuh kasih sayang," pesan Cut Harnailis.[FA]

Baca Juga