Ruslan: Operator dan Bendahara Berperan Penting Selesaikan LPJ Desa

ABDYA - Operator dan Bendahara Desa memiliki peran penting dalam mempersiapkan semua laporan keuangan serapan anggaran tahap I.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pengendalian Penduduk dan Pemberdayaan Perempuan (DPM P4K) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Ruslan Adly saat ditemui LintasAtjeh.com, Rabu (27/09/2017), di Blangpidie.

"Untuk mempercepat laporan serapan anggaran desa, operator dan bendahara desa se-Kabupaten Abdya sudah dilatih Aplikasi Sistem Keuangan Desa," kata Ruslan Adly.

Menurut Ruslan, penggunaan Aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) yang telah dilatih harus dilaksanakan sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia.

"Semua ini untuk mempermudah Operator dan Bendahara Desa dalam membuat LPJ setiap tahapan kegiatan desa," jelasnya.

Lanjut Ruslan, untuk mempercepat pencairan dana desa tahap II, pihak aparatur desa yang sudah dilatih 'Aplikasi Siskeudes' segera membuat laporan pertanggungjawaban tahap I dan menyerahkan kepada dinas terkait untuk dilakukan konsolidasi pencairan dana tahap selanjutnya.

Ruslan juga menjelaskan, dalam membuat laporan pertanggungawaban dana desa, operator dan bendahara desa juga dipandu oleh pendamping desa yang terlatih dan mengerti tentang penggunaan aplikasi tersebut.

"Kita berharap hingga limit waktu 9 Oktober semua desa telah menyerahkan dan melaporkan LPJ  tahap I. Jika semua itu dapat diselesaikan tepat waktu, Insya  Allah dana desa tahap II segera cair," tutup Ruslan.[ADI S]

Baca Juga