Disdik Abdya Mediasi Pencairan Dana Program Indonesia Pintar

ABDYA - Dinas Pendidikan Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) melakukan mediasi pencairan dana Program Indonesia Pintar (PIP) dengan pihak perbankan bagi pelajar se-Kabupaten Abdya yang berhak mendapatkannya.

"Pada prinsipnya kita hanya membantu memediasi percepatan penyaluran dana PIP yang diperuntukkan bagi seluruh pelajar kurang mampu dari semua tingkatan sekolah," sebut Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Abdya, Ubairizal, ST, kepada LintasAtjeh.com, Kamis (12/10/2017), di Blangpidie.

Menurut Ubai, penyaluran dana PIP bantuan Pemerintah Pusat tersebut sebelumnya juga telah disalurkan oleh pihak bank yang ditunjuk dan yang saat ini sedang kita mediasi penyalurannya yang hanya sebagian kecil lagi tersisa. Mengingat waktu sudah akhir tahun, jadi pihak dinas pendidikan mengecek langsung ke setiap sekolah.

"Dalam hal ini Disdik Abdya hanya memediasi saja penyalurannya. Takutnya ada sekolah yang siswanya mendapat dana PIP tapi belum menerima baik pengurusan buku tabungannya maupun hal-hal lain yang dianggap penting. Oleh karena itulah kita melakukan pengecekan ke pihak bank dan sekolah. Soal data siapa saja penerima itu sesuai dengan SK kementrian terkait, kita membantu saja," jelas Ubai.

Sambungnya lagi, dana PIP bantuan Pemerintah Pusat untuk pelajar di Kabupaten Abdya pada semua tingkatan sekolah berjumlah 2846 orang dengan jumlah dana yang diterima pelajar berkisar dari Rp.250 ribu sampai Rp.750 ribu per tahunnya. Sesuai dengan sekolah dan tingkatan kelasnya.

"Kita berharap pihak sekolah dan pihak bank segera mempercepat proses pencairan dana PIP tersebut mengingat waktu yang sudah akhir tahun. Seelanjutnya bagi semua pelajar yang mendapat dana PIP agar mempergunakan dana itu sesuai keperluan sekolah. Jangan sampai dana PIP tersebut disalahgunakan," ujar Ubai lagi.

Usai penyaluran dana PIP di SDN 2 Blangpidie oleh pihak Bank BRI, Kepala Sekolah Trisna Elviani kepada LintasAtjeh.com, mengaku senang karena 6 orang pelajar di SDN 2 yang menerima bantuan dana Program Indonesia Pintar dari Pemerintah Pusat sudah diterima oleh pelajar yang berhak.

"Bagi pelajar yang 6 orang mendapatkan dana PIP, kita selalu mengingatkan agar dana tersebut digunakan untuk keperluan sekolah dan itu kita awasi. Kita tanyakan setiap ada kegiatan sekolah," tegas Kepsek.[ADI S]

Baca Juga