IGI Aceh Timur Gelar Workshop Menulis Buku

ACEH TIMUR - Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kabupaten Aceh Timur menggelar Workshop Literasi Produktif Satu Guru Satu Buku dengan tema kegiatan "Abadi Karya Karena Tulisan". Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Timur pada tanggal 25 dan 26 Oktober 2017.

Adapun pemateri workshop diantaranya M. Ikbal Dawami berasal dari Jawa Tengah yang merupakan penulis buku serta Nurul Aini dari Aceh Timur yang juga seorang guru dan penulis. Kedua pemateri merupakan master coach IGI Pusat.

Menurut laporan ketua panitia, Agussalim, S.Pd.I, jumlah peserta workshop ini berjumlah 90 orang yang merupakan guru-guru dari Kabupaten Aceh Timur, Aceh Tamiang, Kota Langsa dan Aceh Tengah.

Semua biaya kegiatan ini berasal dari konstribusi para peserta dan sumbangan beberapa sponsor. Kegiatan ini bertujuan untuk melatih para guru menulis yang kemudian akan dibantu secara daring sampai menjadi buku dan dicetak.

Ketua IGI Aceh Timur Fitriadi Mahmud, M.Pd, dalam sambutannya menyebutkan bahwa program workshop ini merupakan salah satu bukti bahwa IGI sangat fokus membantu para guru untuk terus meningkatkan kemampuan mereka terutama dalam bidang menulis. 

"Keberadaan IGI sebagai salah satu organisasi profesi guru di Indonesia khususnya di Aceh Timur harus benar-benar bermanfaat bagi para guru. Ini salah satu kenyataan IGI sangat konsentrasi mensukseskan program pemerintah tentang literasi," kata Fitriadi.

Workshop ini dibuka langsung oleh Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Timur Drs. Jalaluddin, M.Pd. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada IGI Kabupaten Aceh Timur, yang terus berbuat untuk kemajuan pendidikan dengan cara menggelar pelatihan-pelatihan yang sangat dibutuhkan oleh para guru.

"Pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Timur siap memfasilitasi hasil tulisan para guru yang berbentuk buku untuk diedarkan ke seluruh pustaka sekolah di Aceh Timur," urainya.

Salah satu peserta pelatihan, Citra Hayati, S.Pd, dari SMKN Taman Fajar mengungkapkan rasa terimakasih yang mendalam kepada IGI, karena baru kali ini mendapatkan ilmu pengetahuan yang luar biasa dari para penulis-penulis nasional.

"Insyallah selesai pelatihan ini akan segera melanjutkan penulisan buku saya yang berjudul GURU PENCARI BERKAH," demikan ungkapnya.[CJ KR]

Baca Juga