Tahun 2018, Pemkab Abdya Programkan Tanam Pinang Betara

ABDYA - Pemerintah Kabupaten Aceh Barat (Abdya) dibawah kepemimpinan Akmal Ibrahim dan Muslizar, MT, merencanakan pengembangan sektor perkebunan komoditi pinang betara pada tahun anggaran 2018.

Hal tersebut tersebut dikatakan Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Abdya,Muslim Hasan kepada LintasAtjeh.com, Selasa (03/10/2017), di Blangpidie.

Menurut Muslim, pinang betara yang dipogramkan Pemerintah Daerah Kabupaten Abdya direncanakan akan dimulai pada tahun 2018 dengan luas tanam mencapai 2000 hektar dan itu tersebar di beberapa kecamatan yang cocok dengan pinang tersebut.

"Pinang betara yang dibudidayakan di Provinsi Jambi itu, berukuran pendek diperkirakan sudah bisa dipanen diumur tiga tahun dengan jumlah buah diatas rata-rata pinang biasa. Pinang unggul lokal itu bisa menghasilkan buah per tandannya mencapai 400 hingga 700 buah," jelas Muslim.

Sambung Muslim lagi, untuk kesuksesan pogram itu, Pemkab Abdya telah mengusulkan anggaran yang dibutuhkan,baik di APBK, APBA dan APBN tahun 2018. Pinang betara yang nanti ditanam pada daerah kering milik masyarakat itu akan dibantu Pemerintah, dari bibit hingga pembersihan lahannya. Untuk itu kita berharap dukungan masyarakat agar program yang dicetuskan bupati bisa berjalan sesuai dengan harapan.

"Kita yakin program tersebut dapat terwujud di tahun 2018 karena Kadistanbun Provinsi Aceh komit membantu Abdya untuk membudidayakan pinang betara," pungkas Muslim.[ADI S]

Baca Juga