Aceh Fun Dive Siap Meriahkan Sail Sabang 2017

BANDA ACEH - Pemerintah Aceh melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata akan menggelar kegiatan Aceh Fun Dive dalam rangka Sail Sabang 2017, yang rencananya akan dilaksanakan di Pantai Iboih pada 3 Desember 2017 mendatang.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh, Drs. Reza Fahlevi, M.Si, melalui Kabid Pemasaran Disbudpar, Rahmadhani kepada awak media di Banda Aceh, Minggu (19/11/2017), mengatakan bahwa Aceh Fun Dive adalah satu dari sejumlah kegiatan yang telah dipersiapkan untuk mengisi gelaran Sail Sabang 2017 nanti. 


"Kita telah menyiapkan berbagai kegiatan untuk menyukseskan event yang menjadi puncak dari rangkaian acara bahari tahunan di Indonesia ini. Salah satunya adalah kegiatan Aceh Fun Dive di Iboh pada 3 Desember 2017 nanti," ujarnya. 

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk mengajak sekaligus memperkenalkan keindahan dan keunikan alam bawah laut Sabang kepada berbagai pihak, sehingga bisa mempromosikan Sabang ke seluruh dunia melalui moment Sail Sabang 2017. 

"Dalam momentum ini kita bermaksud ingin memperkenalkan potensi keindahan dan keunikan alam bawah laut Sabang melalui kegiatan Aceh Fun Dive kepada para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Sepulang mereka dari sini bisalah ikut mempromosikan dengan bercerita tentang keindahan alam bawah laut Sabang di tempat ataupun negara asal mereka," harapnya.

"Dengan demikian, kedepan kita harapkan akan semakin banyak orang yang tertarik berkunjung ke Sabang sehingga akan berpengaruh terhadap pertumbuhan dunia pariwisata dan ekonomi masyarakat," demikian ujar Drs. Reza Fahlevi, M.Si.

Sementara itu, Ketua Panitia Aceh Fun Dive, Arie Muhardy mengungkapkan bahwa pihaknya telah menyiapkan berbagai acara yang rencananya akan diikuti oleh seratusan tamu mancanegara dan lokal. Khusus untuk selam jika memiliki lisensi selam maka siapapun boleh berpartisipasi. Selain itu panitia juga telah menyiapkan hadiah untuk tim terbaik dan doorprize bagi peserta Aceh Fun Dive yang beruntung. 

"Peserta Aceh Fun Dive akan kita ajak untuk menikmati keindahan alam bawah laut Sabang melalui aktifitas penyelaman di dua titik lokasi (explore 2 dive spot). Kemudian mereka juga akan kita ajak untuk melakukan aktifitas pembersihan sampah bawah laut (underwater cleanup) dan mengikuti permainan ketepatan waktu (scuba time rally)," jelas dia.

Disamping itu, lanjutnya, panitia dengan dibantu oleh unsur masyarakat Gampong Iboih akan menyuguhkan masakan khas Aceh yaitu kuah beulangong dan live music selama acara berlangsung. Jadi selain berwisata, di kegiatan ini kita juga tetap menjaga kepedulian terhadap lingkungan," ujarnya. 

"Bagi anda yang ingin mengikuti kegiatan ini dapat melakukan pendaftaran di beberapa dive shop yang berada di kawasan Iboih, seperti Rubiah Tirta Divers, Iboih Dive Center dan Scuba Weh. Pendaftaran peserta dibuka sampai dengan tanggal 26 November 2017 dan tidak dipungut biaya," terangnya.[DW]

Baca Juga