Awas, PNS dan Guru Menjadi Prioritas Utama Operasi Zebra Rencong Bandar 2017

ACEH TIMUR - Rendahnya kesadaran tertib berlalu-lintas di kalangan Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan guru di wilayah hukum Polres Aceh Timur menjadi perhatian khusus Kapolres Aceh Timur, AKBP Rudi Purwiyanto, S.I.K, M. Hum.

"Kami sangat prihatin dengan rendahnya kesadaran dan etika berlalu-lintas di kalangan PNS dan Guru di wilayah hukum Polres Aceh Timur, maka bertepatan dengan kegiatan Operasi Zebra Rencong Bandar 2017, kami perintahkan kepada anggota gabungan untuk menggelar razia di seputar Kantor Pemerintahan Kabupaten Aceh Timur," demikian penegasan Kapolres Aceh Timur AKBP Rudi Purwiyanto, S.I.K, M. Hum, saat memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Rencong Bandar 2017 di halaman Polres, Rabu (01/10/2017).
Lebih lanjut, Kapolres mengatakan keberadaan para guru yang kurang tertib berlalu-lintas sudah dipastikan akan diikuti oleh anak didiknya, bagaimana tidak jika tenaga pengajarnya saja memberi contoh yang kurang bagus. 

"Untuk itu petugas yang melaksanakan Operasi Zebra kami perintahkan untuk melakukan penindakan terhadap guru yang tidak mematuhi peraturan lalu-lintas," jelas Kapolres Aceh Timur, AKBP Rudi Purwiyanto, S.I.K, M. Hum.

Polres Aceh Timur, pada Rabu pagi menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Rencong Bandar 2017 dihadiri, Perwira Penghubung Kodim 0104/Atim Mayor Inf. Sulistiyono, perwakilan Corp Polisi Militer, perwakilan Dinas Perhubungan Kabupaten Aceh Timur dan Sat Pol PP.
Operasi Zebra serentak akan digelar di seluruh Indonesia mulai tanggal 01 s.d 14 Nopember 2017. Adapun jenis-jenis pelanggaran yang akan ditindak pada Operasi Zebra adalah yang berpotensi membuat kecelakaan, seperti lawan arus, menerobos lampu merah, berbonceng lebih, bermuatan lebih, kemudian tidak pake safety belt dan helm.

Pelanggaran lain yang akan ditindak adalah dan saat ini mendapatkan sorotan tajam dari polisi yakni pemakaian rotator, strobo, sirine pada sepeda motor dan kendaraan pribadi. Operasi Zebra adalah kegiatan rutin yang dilakukan oleh kepolisian lalu lintas untuk menekan pelanggaran berlalu lintas dan meminimalisir angka kecelakaan. 

Untuk tahun ini, Operasi Zebra Rencong Bandar 2017 bertajuk, "Penegakan Hukum Dalam Berlalu-Lintas Guna Mewujudkan Kamseltibcarlantas Yang mantab, Tertib Dan Lancar Menjelang Perayaan Natal 2017 Dan Tahun Baru 2018".[Red]

Baca Juga