Kejuaraan Catur Mahasiswa se- Sumatera, Rebutkan Piala Rektor Unsyiah II

BANDA ACEH - Para pecatur dari perguruan tinggi di enam provinsi dipastikan ambil bagian dalam kejuaraan catur antar mahasiswa se-Sumatera yang akan digelar di Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, 11-12 November 2017.

Pecatur utusan perguruan tinggi negeri dan swasta dari enam provinsi di Sumatera yang dipastikan berlaga dalam kejuaraan memperebutkan piala Rektor Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) yaitu dari Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jambi, Sumatera Selatan dan Bengkulu.

Ketua Umum Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Catur Unsyiah, Rayzi Maulizhar mengungkapkan peserta yang sudah menyatakan ikut dalam kejuaraan Piala Rektor Unsyiah tahun ini berasal dari Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Andalas (Unand), Universitas Negeri Padang (UNP) Sumatera Barat, Sekolah Tinggi Kesehatan (Stikes) Jambi, Universitas Bengkulu (Unib) Bengkulu dan Universitas dari Sumatera Selatan.

Rayzi  menjelaskan kejuaraan antara mahasiswa perguruan tinggi negeri dan swasta se-Suamtera ini, menyediakan hadiah total 11 juta. Para pecatur dari perguruan tinggi dari enam provinsi tersebut yang sudah mengkorfirmasi keikutsertaannya," ujarnya Rabu (08/11/2017).

Tingkatkan Frekwensi Pertandingan

Secara terpisah, Ketua Dewan Pertimbangan UKM Catur Unsyiah, Dian Maulana, S.IP, WNP, mengatakan dalam program kegiatan UKM awalnya direncanakan  juga  ada pagelaran dwi tarung antar negara UKM Catur Unsyiah melawan UKM Catur, secara bergantian di Malaysia dan Aceh. Namun karena ada kendala non tehnis, sehingga dilaksanakan kejuaraan catur mahasiswa se- Sumatera memperebutkan piala Rektor Unsyiah kedua tahun ini.

Dian menyebutkan setelah sukses pelaksanaan pertama tahun lalu yang diiikuti lima provinsi, maka kejuaraan catur mahasiswa se-Sumatera tahun ini dilanjutkan kembali.

Tujuan utamanya, sebut sarjana ilmu politik alumni Unsyiah ini, mengeratkan silaturrahmi sesama pecatur mahasiswa sekaligus meningkatkan frekwensi bertanding formal atlet 50 babak pertahun.

"Kejuaraan ini dapat mengejar kekurangan jam terbang pecatur mahasiswa Aceh dan Sumatera dari atlet di Pulau Jawa yang rutin mengadakan even," ujar Wasit Nasional Pratama (WNP) ini.

Kecuali itu, tambah mantan Ketua UKM Catur Unsyiah ini, guna memajukan kualitas cabang olahraga catur di lingkungan kampus, civitas akademika Unsyiah melalui Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Unsyiah, Dr. Alfiansyah Yulianur, BC, sangat mendukung kegiatan kejuaraan catur mahasiswa se-Sumatera ini.

Sementara itu, Ketua Panitia Fariz Tanjung mengatakan kejuaraan catur antar mahasiswa se-Sumatera ini mempertandingkan kategori putra dan putri dan akan berlangsung selama dua hari.

Tahun lalu, kejuaraan catur Piala Raktor Unsyiah I, kelompok putra dijuarai oleh Rahman Saragih dari USU dan kelompok putri diraih oleh Famela Naridha (Unsyiah).[*]

Baca Juga