Panglima Kodam IM Terima Peserta Pelatihan RLA Angkatan XI

BANDA ACEH Panglima Kodam Iskandar Muda, Mayor Jendral TNI Moch Fachruddin, S.Sos, menerima kunjungan peserta pelatihan Reform Leader Academy (RLA) Angkatan XI Tahun 2017 PKP2A LAN RI di ruang Yudha Makodam IM, Selasa (07/11/2017).

Pangdam IM menyampaikan bahwa kunjungan peserta pelatihan RLA dan pemaparan tentang tema "Membangun masyarakat tahan bencana" di Aceh ini sangat tepat, karena wilayah Aceh ini rawan bencana, pada saat pertama kali saya menjabat, Aceh sudah dilanda bencana banjir bandang di kabupaten Aceh Tenggara.

Pangdam menyebutkan, bahwa di tahun 2017 ini, Aceh sudah tiga kali dilanda bencana banjir, tanah longsor dan kebakaran hutan diberbagai wilayah di Aceh seperti Aceh Barat, Aceh Timur, Aceh Selatan dan Aceh Singkil.

"Semoga dengan adanya RLA ini, dapat meningkatkan kualitas reformasi birokrasi di Indonesia, khususnya di Aceh," harap Pagdam.

Sementara Kepala PKP2A LAN RI Aceh bahwa PKP2A (Pusat Kajian Pendidikan dan Pelatihan Aparatur) LAN RI Aceh menyampaikan,  saat ini sedang melaksanakan Diklat Pelatihan Reform Leader Academy (RLA) angkatan XI Tahun 2017 yang diikuti oleh 25 peserta terdiri dari 20 orang aparatur sipil negara eselon II dan 5 orang Pamen Polri.

Kegiatan tersebut berlangsung selama 4 bulan, dalam tahapan pelajaran dan pelatihan, para peserta diwajibkan melaksanakan kampanye tentang Reformasi Birokrasi Nasional ke instansi-instansi terkait dan memaparkan hasil konsep dan implementasi kebijakan terkait tema pelatihan dan paparan tentang konsep percepatan Reformasi Birokrasi di Indonesia dengan tema "Membangun Masyarakat Tahan Bencana".

Sinergitas berbagai instansi pemerintah dan swasta dalam mengatasi dan menanggulangi bencana agar terjalin kerjasama yang baik dalam penanggulangan bencana sehingga tepat guna dan tepat sasaran.

"Dengan ini, saya berharap kepada jajaran TNI/ Polri siap mendukung peran multi pihak, dalam membangun masyarakat tahan bencana melalui sinergi pengelolaan resiko bencana (save more lives and making community resilience)," harapnya.

Turut hadir Irdam, Ketua PKP2A LAN RI Aceh, para Pamen Ahli, LO AU, para Asisten Kodam, Kabalakdam, dan peserta pelatihan PKP2A LAN RI.[Pen IM]

Baca Juga