Senator Fachrul Razi Fasilitasi 'Talkshow DOB' Pemkab Simeulue di Jakarta

JAKARTA - Senator Fachrul Razi bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Simeulue, Provinsi Aceh, menfasilitasi dan menggelar seminar dalam bentuk talkshow di Jakarta membahas pemekaran wilayah dan potensi pariwisata di salah satu daerah kepulauan terluar Indonesia itu, Selasa (28/11/2017) lalu.

Dalam acara yang digelar di The Media Hotel itu, hadir perwakilan dari Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Pariwisata.

Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI asal Aceh, Fachrul Razi yang bertindak selaku fasilitator talkshow mengatakan bahwa kegiatan ini diberi tema,"Talkshow Percepatan Calon Daerah Otonomi Baru (CDOB) Kabupaten Kepulauan Selaut Besar Melalui Kawasan Strategis Nasional dan Promosi Pariwisata Kabupaten Simeulue Provinsi Aceh".

Senator DPD RI asal Aceh, H. Fachrul Razi, MIP, menyampaikan bahwa Pulau Simeulue memiliki potensi wisata dan ekononi yang luar biasa untuk masa depan Aceh dan Indonesia. Bahkan, lanjutnya, di wilayah ini telah ditemukan sumber baru minyak di perairan Simeulue yang dapat menyokong ekonomi Aceh dan Indonesia. Disisi lain, karena letaknya sebagai kepulauan terluar, maka pentingnya Simeulue masuk dalam kawasan strategis nasional.

Fachrul Razi sebagai Senator asal Aceh menyatakan dirinya siap memperjuangkan adanya pemekaran Kabupaten Kepulauan Selaut Besar (KKSB) dari Kabupaten Simelue. Ia yakin pembangunan di kabupaten yang memiliki 41 pulau di Samudera Indonesia itu akan dapat dipercepat. 

"Oleh karena itu, saya berharap pemerintah untuk segera merealisasikan usulan Daerah Otonomi Baru (DOB) KKSB ini. Kita lihat saat ini masih adanya keinginan pemerintah yang hari ini untuk menunda adanya pemekaran, ini merupakan satu langkah yang menurut saya tidak bijak," tegas Fachrul.

Padahal, lanjut Senator yang tergolong muda usia itu, saat ini memang ada kebutuhan di daerah itu yang sangat mendesak agar daerah-daerah yang berada di pinggiran Indonesia untuk segera perlu pembangunan dan percepatan. "Salah satu solusi paling efektif adalah pemekaran kabupaten baru, jadi kita DPD RI terus desak realisasi pemekaran DOB," ujarnya.

Lebih jauh, Fachrul Razi yang saat ini sedang menyelesaikan program doktoralnya di bidang ilmu politik itu mengatakan bahwa selaku anggota DPD RI dari Provinsi Aceh, ia terus memperjuangkan agar pemerintah pusat bisa segera menandatangani RPP Desertada (Rancangan Peraturan Pemerintah tentang Desain Besar Penataan Daerah). 

"Ini merupakan kunci dan juga pintu menuju pengembangan di beberapa daerah. Padahal menurut saya, adanya moratorium pemekaran daerah yang diberlakukan pemerintah saat ini merupakan langkah mundur Pemerintah Pusat yang tidak bijak dan tidak objektif, karena hanya berpaku pada kepentingan finansial keuangan negara, namun di sisi lain tentunya ini sangat merugikan daerah-daerah yang hari ini berada di perbatasan dengan negara-negara luar," jelasnya.

Senator Aceh Fachrul Razi mengatakan mendukung penuh pembentukan Kabupaten Kepulauan Selaud Besar yang terpisah dari Simeulue. "Kita terus mendorong pembentukan calon daerah otonomi baru ini. Saat ini, Selaut Besar masuk di urutan ketiga Indonesia sebagai daerah prioritas untuk daerah otonomi baru," kata Fachrul Razi yang disambut tepuk tangan peserta acara di ruangan itu.

Bupati Simeulue Erly Hasyim dalam sambutannya mengatakan rencana pembentukan Kabupaten Kepulauan Selaut Besar telah diajukan sebagai calon daerah otonomi baru sejak 2 Oktober 2016. 

"Lalu, pada 21 Agustus 2017 juga telah dilakukan rembuk kebangsaan yang dihadiri oleh sekitar 273 daerah yang telah mengajukan pemekaran wilayah, namun belum terwujud," kata Erly Hasyim dalam acara yang juga dihadiri oleh tokoh masyarakat Simeulue, mahasiswa Simeulue di Jakarta dan sejumlah pengusaha

"Pendekatan-pendekatan politik terus kita lakukan. Dari DPD RI sudah turun langsung kesana dan menyampaikan rekomendasi pembentukan calon Daerah Otonomi Baru kepada DPR RI dan Pemerintah Pusat," kata Erly Hasyim seraya menyampaikan ucapan terimakasih kepada Senator Aceh Fachrul Razi yang terlibat aktif mendorong pembentukan Kabupaten Kepulauan Selaut Besar.[*]

Baca Juga