Syahril: Pemkab Aceh Selatan Harus Peka, Sebelum Rakyat Mengamuk!

ACEH SELATAN - Wakil Ketua 1 DPRK Aceh Selatan meminta kepada Pemkab Aceh Selatan untuk menindaklanjuti abrasi Sungai Kluet paling lambat 1 minggu harus ada solusi untuk meringankan penderitaan masyarakat setempat.

"Pemkab secepatnya harus menyurati pemerintah Aceh atau pusat untuk penyelesaian permasalahan ini. Tentunya harus ditangani dengan serius, agar tidak menyebabkan kerugian yang lebih besar," ungkap Syahril saat menerima audiensi dengan masyarakat Kluet Timur, Rabu (29/11/2017).

Syahril mengatakan dalam penanganan permasalahan, mereka tidak mau tahu sumber dananya darimana. Apakah mau dari APBN, APBA ataupun dari APBK?

Lebih lanjut, ia mengharapkan kepada pemerintah Aceh dan Aceh Selatan untuk mengatasi secepatnya abrasi Sungai Kluet sebelum masyarakat mengamuk karena ini kondisinya sangat darurat.

"Pemerintah Aceh Selatan jangan tinggal diam harus peka melihat penderitaan rakyat. Dan jangan saling menyalahkan provinsi dan pusat, jangan main lempar bola," katanya.

Syahril berharap abrasi Sungai Kluet harus cepat terselesaikan dalam jangka pendek ataupun jangka panjang. Masyarakat juga berharap debit air turun secepatnya dan cepat berkurang.

"Solusinya menurut keterangan masyarakat dalam audiensi tadi tanggul yang pertama harus dibuka terlebih dahulu," terangnya.

Ia manambahkan, DPRK Aceh Selatan dalam waktu dekat akan membuat Pansus untuk meninjau langsung permasalahan abrasi Sungai Kluet.

"Kita meyesalkan pemerintah tiap kali banjir tidak ada solusi serius dalam penanganannya. Buktinya masyarakat sering datang kepada kami mengeluh dengan banjir,"  pungkas Syahril.[FA]

Baca Juga