61 Siswa Ikuti Saka Wira Kartika Pidie

PIDIE - Sebanyak 61 siswa-siswi setingkat SMA jajaran Kabupaten Pidie dan Pidie Jaya anggota Baru Saka Wira Kartika Kodim 0102/Pidie mengikuti  kegiatan orientasi dan kepelatihan Saka Wira Kartika, Minggu (21/01/18) pagi.

Kegiatan digelar bertempat di Desa Tijue, Kecamatan Pidie, Kabupaten Pidie, dilaksanakan sesuai dengan edaran Kwartir Nasional Gerakan Pramuka yang telah menerbitkan peraturan bersama yaitu Nomor Perkasad: 182/ X/2007 dan nomor 199 tahun 2007 tentang kerjasama dalam usaha pembinaan dan pengembangan pendidikan bela negara dan kepramukaan, AD dan ART Saka Wira Kartika dan Program Kerja dan Anggaran Kodim 0102/Pidie Bidang Teritorial Tahun Anggaran 2018.

Kegiatan orientasi tersebut selain diawasi 25 orang anggota Saka Wira Kartika Kodim 0102/Pidie, juga dibimbing langsung oleh Pembina Pramuka Kodim 0102/Pidie Pembina Utama Serda Arif Triyanto Bati Wanwil Serka Devin Harliandi, dan Kopda Murtala.

Kegiatan orientasi tersebut diawali dengan dengan upacara pembukaan dan pengesahan anggota baru Saka Wirakartika. Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan uji materi yang mana setiap anggota baru harus melalui pos navigasi darat, pos semaphore, pos keagamaan, PBB, pionering dan sejarah kepramukaan.

Selaku Pembina Utama Saka Wira Kartika Kodim Pidie, Serda Arif Triyanto dan mewakili seluruh Pembina Saka Wira Kartika Kodim Pidie menyampikan rasa terimakasih kepada adik-adik yang begitu antusias dalam melaksanakan kegiatan orientasi, pengukuhan adik-adik Saka Wira Kartika baru/yunior atas partisipasi dan peran aktifnya Saka senior dalam rangka mengimplemetasikan kerjasama antara anggota Kodim 0102/Pidie dengan adik-adik Saka Wirakartika.

Mewakili Mabisaka, Pamong Saka Wira Kartika Pasiter Kodim Pidie Kapten Inf Irwan berpesan kepada peserta orientasi baik pelaku maupun Pembina dan Pelatih Saka Wira Kartika Kodim 0102/Pidie agar mengikuti kegiatan ini dengan serius dan sungguh-sungguh dengan mengutamakan faktor keselamatan dan keamanan personil.

Lebih lanjut, Kapten Inf Irwan berharap nantinya para anggota Saka Wira Kartika yang baru mampu menyerap dan menularkan ilmu yang telah didapatkan.

"Sekaligus menjadi kader yang memiliki watak dan jiwa patriotisme, integritas, moralitas dan ketrampilan sebagai kader bangsa, juga bisa membina mendidik Saka Wira Kartika secara berkelanjutan," harapnya.[*]

Baca Juga