Aceh Besar dan Unsyiah Jalin Kerjasama Pengembangan SDM dan Penelitian

ACEH BESAR - Pemerintah Kabupaten Aceh Besar dan Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) menjalin kerjasama dengan menandatangani nota kesepahaman terkait pengembangan sumber daya manusia, penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. 

Naskah kerjasama tersebut ditandatangani oleh Bupati Aceh Besar Ir. Mawardi Ali dan Rektor Unsyiah Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eg, di aula pertemuan Pemkab Aceh Besar, Kota Jantho, Jum'at (05/01/2018).

Hadir pada kesempatan tersebut, Sekdakab Aceh Besar Drs. Iskandar, M.Si, Staf Ahli Bupati Aceh Besar, para Asisten Setdakab Aceh Besar, Kepala SKPK, Rektor ISBI Aceh dan sejumlah dekan di jajaran Unsyiah.

Dalam sambutannya, Bupati Aceh Besar menyambut baik terjalinnya kerjasama dan penandatangan nota kesepahaman antara Pemkab Aceh Besar dan Unsyiah tentang pengembangan SDM, penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Melalui kerjasama tersebut, diharapkan semakin memajukan pembangunan di kabupaten tersebut.

"Kami akui, SDM yang ada di Kabupaten Aceh Besar masih terbatas, terutama bidang perencanaan dan penelitian. Oleh karenanya, kerjasama dengan Unsyiah ini akan sangat besar artinya untuk memajukan kabupaten ini di masa-masa mendatang," ungkap Mawardi.

Dia juga menjelaskan berbagai langkah dan terobosan untuk memajukan Aceh Besar, baik pembangunan sektor agama, pendidikan, kesehatan, infrastruktur dan sosial budaya.

Di bidang agama, pendidikan islami akan menjadi andalan. Begitu pula untuk pembangunan sektor peternakan. Aceh Besar akan menjalankan program "Aceh Besar Meurabe" yang ditujukan pada sisi penggemukan ternak dan peningkatan pendapatan peternak. Juga ada program mukim percontohan yang bakal menjadi upaya serius untuk memajukan masyarakat gampong.

Rektor Unsyiah, Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng, juga menyambut baik atas kerjasama seperti ini. Pihaknya akan selalu berkomitmen membantu Aceh Besar, sehingga kemajuan dan kemakmuran daerah akan terus terwujud di waktu kini dan masa-masa mendatang.

Menurutnya, Kabupaten Aceh Besar dibawah kepemimpinan Bupati Ir. Mawardi Ali dan Tgk. H. Husaini A Wahab harus bisa melakukan terobosan dan lompatan yang besar untuk memajukan daerah. Apalagi, sumber daya alam yang dimiliki Aceh Besar sangat potensial untuk terus dikembangkan.

Unsyiah, tambah Rektor Samsul Rizal, akan membantu sekuat tenaga dengan mengerahkan SDM yang tersedia untuk menyukseskan kerjasama pengembangan SDM, penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

"Kini, Unsyiah telah memiliki 500 orang tenaga pengajar bertitel S3 (Doktor). Hal tersebut merupakan potensi yang sangat besar dan diharapkan melalui kerjasama tersebut akan terus memotivasi semua pihak di Aceh Besar untuk mensejahterakan serta memakmurkan daerah," jelasnya.[DW]

Baca Juga