Koramil 03/Meukek Tingkatkan Pendampingan Pertanian 

ACEH SELATAN - Koramil 03/Meukek merupakan salah satu Koramil jajaran Kodim 0107 Aceh Selatan yang wilayah pembinaannya adalah Kecamatan Meukek. Saat ini, Dandim 0107/Aceh Selatan Letkol Kav Hary Mulyanto mempercayakan Pelda Adri Rahdian selaku Bati Tuud untuk memimpin Koramil 03/Meukek, menggantikan posisi kosong Danramil yang dijabat oleh seorang perwira berpangkat Kapten.

Meski demikian, dibawah kepemimpinan seorang bintara berpangkat Pelda, Koramil 03/Meukek tetap menunjukan kinerja yang bagus serta profesional. Segala urusan terkait program satuan atas dapat diselesaikan sesuai target. Begitu juga dengan Binter di wilayahnya.

Dalam hal pertanian, sesuai instruksi Komandan Kodim 0107/Aceh Selatan Letkol Kav Hary Mulyanto, yang disampaikan melalui pesan whatsappnya, Rabu (24/01/2018), kepada para Danramil/Danpos agar mengingatkan lagi para Babinsanya untuk tetap semangat turun ke lapangan melakukan pendampingan petani di sawah.

"Kalau ada yang masih malas-malas atau enggan turun ke sawah, silahkan di data dan dilaporkan ke Pasiter," perintah Dandim.

Hal tersebut disikapi dengan cermat. Dalam satu hari, Koramil 03/Meukek dapat menuntaskan kegiatan harian pendampingan kepada petani secara konsisten dan komit. 

Seperti yang dilakukan Sertu Edi Syahputra, membantu petani membajak sawah milik Poktan Nikmat dengan lahan seluas 15 hektar di Desa Kuta Buloh I, Kecamatan Meukek, Kamis (25/01/2018).

Selanjutnya, Kopda Suherman melaksanakan penyiangan padi bersama Poktan pada lahan sawah seluas 26 hektar di Desa Tanjung Harapan. Dan Koptu Hendri juga mendampingi petani melaksanakan tanam padi bersama Poktan Mata Ie di Desa Ladang Tuha, dengan luas lahan 10 hektar.

Menurut Batuud Koramil 03/Meukek, Pelda Adri Rahdian, pendampingan terhadap petani memang sering dilakukan terhadap kelompok tani yang ada di wilayah binaan Koramil Meukek oleh Babinsa.

"Ini adalah tugas kita bersama dan para Babinsa di setiap wilayah binaannya, berperan aktif memberikan dukungan terhadap program pemerintah di bidang pertanian, maka Pemkab Aceh Selatan juga ikut terbantu," terangnya.

Ia juga menambahkan, dengan ditingkatkan pendampingan kepada petani maka diharapkan dapat lebih memberi semangat sehingga pekerjaan dapat tuntas dan produksi padi meningkat.

Begitu juga kepada petani, katanya, untuk tidak bosan-bosannya melakukan segala upaya dan kerja kerasnya dibidang pertanian karena semua ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan petani dan mewujudkan swasembada pangan nasional.

"Mudah-mudahan dengan sinergitas dan semangat kerjasama ini dapat menghasilkan panen yang lebih berkualitas sehingga Kecamatan Meukek menjadi lumbung padi di Kabupaten Aceh Selatan bahkan Provinsi Aceh," tutupnya.[Red]

Baca Juga