Selamat Hari Raya Idul Fitri 1439 H Mohon Maaf Lahir & Batin Minal Aidzin Wal Faidzin.

Pertama Dalam Sejarah, Pemkab Atam Gelar Konsultasi Publik 'Bahas' RPJMD

ACEH TAMIANG - Guna mendapatkan masukan-masukan yang bersifat membangun, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Tamiang menggelar rapat Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tahun 2018-2022, Selasa (30/01/2018).

Rapat Konsultasi publik yang dilaksanakan di Ruang Sidang Utama DPRK Aceh Tamiang, dengan tema "Aceh Tamiang Mandiri dan Berdaya Saing Menuju Masyarakat Islami yang Sejahtera" melibatkan berbagai pihak yang dianggap berkompeten, seperti kalangan akademis, para pakar dan jumlah unsur lain lainnya.

Pada kesempatan itu, terlihat hadir petinggi serta para pejabat dan juga beberapa organisasi sipil yang ada di Kabupaten Aceh Tamiang diantaranya, Wakil Bupati H.T Insyafudin ST, Kapolres AKBP Zulhir Destrian SIK,MH, Ketua DPRK Fadlon SHi, Wakil Ketua I DPRK Juanda SIP, dan Wakil Ketua II DPRK Nora Idah Nita SE.

Selain itu, juga hadir Pabung Atam (Kodim 0104/Atim) Mayor Inf A.Yani, Asisten I Mix Donal SH, Asisten Drs Riyanto Waris, Asisten III Drs Rudiyanto, Kepala Bappeda Ir Adi Darma MSi, Ketua MPU H Ilyas Mustawa, dan LPEM Fakultas Ekonomi Unifersitas Indonesia Dr. Nuzul Achjar (Narasumber).

Terlihat juga Tokoh Masyarakat bernama Iskandar Sulaiman, Mantan Wakil Bupati Drs Iskandar Zulkarnain MAP, Para Unsur Forkompinda, Jajaran SKPK, Jajaran Camat, Para Mukim, Jajaran Datok Penghulu Kabupaten Aceh Tamiang, Tokoh Agama, Masyarakat dan Pemuda serta para undangan lainnya.

Panitia Pelaksana, Ir Adi Darma MSi, dalam laporannya menyampaikan bahwa acara rapat Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tahun 2018-2022, baru pertama kali diadakan atau dilaksanakan selama berdirinya/dimekarkan Kabupaten Aceh Tamiang, pada tanggal 10 April 2002 lalu.

Kepala Bapeda turut menerangkan bahwa pelaksanaan rapat tersebut bertujuan untuk mendapatkan masukan dalam RPJM yang harus dicapai dan masih perlu masukan yang bersifat membangun untuk diajukan kepada Bupati dan disepakati oleh DPRK dalam upaya membangun Kabupaten Aceh Tamiang menuju masyarakat yang sejahtera

"Kita akan bahas tentang cara pelaksanaan pembangunan daerah jangka panjang dan menengah," jelas Ir Adi Darma MSi.

Sementara, Wakil Bupati Aceh Tamiang H.T Insyafuddin ST, menyampaikan bahwa rapat forum konsultasi publik sebagai target pembangunan 5 (Lima) tahun kedepan. Seluruh rancangan menyangkut Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) tingkat provinsi dan nasional harus dimasukkan. Begitu juga halnya dengan Visi- Misi Bupati dan Wakil Bupati terpilih.

"Untuk mempercepat pembangunan di Kabupaten Aceh Tamiang harus seiring sejalan dengan seluruh komponen masyarakat, karena keberhasilan adalah milik kita bersama," pungkas Wakil Bupati H.T Insyafuddin ST.

Setelah pembacaan do'a oleh Ketua MPU, H. Ilyas Mustawa, acara dilanjutkan dengan pemaparan Rencana Pembangunan Awal RPJMD oleh Kepala Bapedda Kabupaten Aceh Tamiang, Ir. Adi Darma MSi.

A. Gambaran umum pengelolaan keuangan daerah
B. Permasalahan Isu Strategis
1) Pendidikan
2) Kesehatan
3) Penataan Ruang 
4) Bangsa Kesatuan Politik
5) Satpol PP dan WH
6) Sosial dan Tenaga Kerja
7) Koperasi ,UKM ,Perdagangan dan Industri Pembangunan

C. Visi dan Misi Bupati dan Wakil Bupati terpilih dengan penjabaran "Aceh Tamiang Mandiri Berdaya Daing Islami dan Sejahtera"
D. Tujuan dan Sasaran 
E. Strategi dan arah kebijakan program pembangunan daerah

Narasumber Rapat Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tahun 2018-2022 adalah Dr.Nuzul Achjar (LPEM - FEUI) yang menyampaikan tentang Kaitan Perekonomian Makro Nasional dan Regional.[ZF]

Baca Juga