Marhaban Ya Ramadhan Selamat Menjalankan Ibadah Puasa 1439 H Mohon Maaf Lahir & Batin Minal Aidzin Wal Faidzin.

Abdya Diguyur Hujan Lebat, Sawah dan Rumah Terendam Banjir

ABDYA - Hujan lebat mengguyur Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Sabtu dinihari (10/03/2018), menyebabkan sejumlah wilayah dalam kabupaten setempat terjadi banjir. Selain merendam tanaman padi, sejumlah rumah dan jembatan juga dilaporkan putus.

"Banjir semalam itu mengakibatkan sejumlah rumah terendam dan jembatan putus dan sawah juga banyak yang terendam," kata Ketua Tagana Abdya, Yasri Gusman kepada LintasAtjeh.com, Desa Ikhulung saat memantau padi masyarakat yang terendam  banjir, Sabtu (10/03/2018).

Ia menyebutkan, berdasarkan laporan dari relawan dan sahabat Tagana Abdya sejumlah pemukiman terendam banjir, seperti di komplek perumahan dhuafa di Dusun IV Seumancang Gampong Babah Lhung, Blangpidie, areal persawahan di Kecamatan Jeumpa dan pemukiman di wilayah Kecamatan Tangan-Tangan.

"Selain banjir dengan ketinggian air 50-70 cm, jembatan juga ada dilaporkan putus, seperti jembatan penghubung gampong Cot Mancang Jalan Ahmad Untung Krueng Suak Brok, Kecamatan Susoh," jelas Yasri.

Selain terendam banjir, lanjut Yasri, longsor juga terjadi di Gampong Cot Mane, Kecamatan Jeumpa. Dalam musibah itu sejumlah dapur warga dilaporkan rusak. 

"Untuk kerugian materi dalam musibah longsor di Cot Mane ini masih kita data," terang Yasri.

Tambah Yasri, pihaknya bersama Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten (BPBK) Abdya, TNI, Polri, Dinas PU, camat, hingga relawan dan masyarakat melakukan kerja bakti dalam penanganan pasca banjir dan longsor di sejumlah wilayah daerah itu.

"Saat ini, tim bersama masyarakat dan unsur pemerintah sedang membantu yang terkena musibah dan juga mengecek daerah mana-mana saja yang mengalami musibah pasca hujan lebat yang terjadi," tuntas Yasri.[ADI S]

Baca Juga