LintasAtjeh.com Menginspirasi, Mengedukasi dan Mencerdaskan Generasi Anti Hoax.

Ini Pengakuan Fatimah Saat Prajurit TNI Datang ke Rumahnya

ACEH TIMUR - Walaupun belum dibuka secara resmi kegiatan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke 101 yang dilaksanakan Kodim 0104/Atim bekerjasama dengan Pemda Kabupaten Aceh Timur, namun dampaknya sudah dirasakan oleh masyarakat khususnya yang tinggal di Kecamatan Pante Bidari. 

Salah satu program TMMD ke-101 yang menjadikan bukti kepedulian TNI kepada masyarakat miskin di Kecamatan Pante Bidari yaitu, 'Bedah Rumah Tidak Layak Huni' untuk 6 Kepala Keluarga (KK). 

Untuk sasaran pertama program bedah RTLH dalam TMMD ke-101 ini adalah kediaman Fatimah (57), warga Pante Rambong, Kecamatan Pante Bidari yang kondisinya beratapkan daun rumbia, berdinding kayu lapuk dimakan rayap dan beralaskan tanah. 

Dalam pelaksanaan pembedahan RTLH sasaran pertama tersebut, Dandim 0104/Atim Letkol Inf Muhammad Iqbal Lubis yang merupakan Dansatgas TMMD Reguler 101 menegaskan Danramil 19/Idm Kapten Arh Safari sebagai Koordinator Pelaksana. 

Kedatangan Kapten Arh Safari bersama anggotanya ke lokasi sasaran pertama disambut dengan rasa syukur dan ucapan terimakasih Fatimah. Bahkan masyarakat setempat langsung turut serta membantu para prajurit TNI melaksanakan pembongkaran rumah yang terbuat dari kayu tersebut. 

Saat ditemui LintasAtjeh.com, Kamis (22/03/2018), Fatimah menyampaikan rasa syukurnya dan ucapan terimakasih kepada TNI dan Pemda Aceh Timur yang telah merenovasi rumahnya dalam kegiatan TMMD ke-101 tersebut. 

"Alhamdulillah, saya sangat berterima kasih kepada bapak TNI dan Pemerintah Aceh Timur yang telah memberikan bantuan kepada saya," ungkap Fatimah. 

Fatimah menceritakan perasaannya saat rumahnya dikunjungi prajurit TNI dari Kodim 0104/Atim yang melalukan peninjauan untuk penerima bantuan bedah rumah. Setelah mengetahui bahwa dirinya merupakan salah satu penerima bantuan tersebut, Fatimah langsung 'Sujud Syukur' dan menangis bahagia. 

"Kepedulian TNI kepada kami yang perekonomiannya dibawah garis kemiskinan ini benar - benar kami rasakan. Hanya Allah yang mampu membalas kebaikan ini," ucap Fatimah sambil mengusap air matanya. 

Sementara itu, Kapten Arh Safari saat ditemui LintasAtjeh.com di lokasi pembedahan rumah tersebut mengatakan bahwa Program TMMD ini adalah suatu wadah kerjasama antara TNI dengan Pemerintahan Daerah (Pemda) Kabupaten Aceh Timur. Kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat di wilayahnya.

"Salah satu tujuan TMMD ini adalah untuk mengurangi angka kemiskinan dan membantu kaum dhuafa agar mendapatkan kehidupan yang layak sebagai Warga Negara Indonesia," ujarnya.

Danramil Indra Makmur juga menjelaskan bahwa mengingat anggaran terbatas, maka saat ini program bedah rumah dalam kegiatan TMMD ke-101 diperuntukan kepada enam Kepala Keluarga (KK). Dan salah satu dari keenam KK penerima bantuan tersebut adalah Fatimah. 

"Mudah-mudahan pada kegiatan TMMD berikutnya kita bisa bantu keluarga lain yang masih tinggal di rumah yang tidak layak huni, sehingga angka kemiskinan di Indonesia semakin berkurang dan rakyatnya sejahtera," harap Kapten Safari.

Ia juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada masyarakat yang dengan antusias turut serta membantu melaksanakan pembedahan rumah sasaran pertama dalam TMMD ke-101 ini. 

"Kami sangat berterima kasih kepada masyarakat setempat yang penuh dengan keikhlasan turut serta melaksanakan kegiatan TMMD ini," pungkasnya.[Sm] 

Baca Juga