LintasAtjeh.com Menginspirasi, Mengedukasi dan Mencerdaskan Generasi Anti Hoax.

TMMD ke-101, Warga Desa Adan Apresiasi Kinerja TNI

ABDYA - Warga Gampong Adan Kecamatan Tangan-Tangan, Kabupaten Aceh Barat Daya, mengapresiasi kinerja TNI AD jajaran Kodim 0110 Abdya dalam membangun desa pada kegiatan TMMD ke-101.

Hal tersebut dikatakan salah seorang warga Gampong Adan, Landasmi (33) kepada LintasAtjeh.com, usai acara pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa Reguler ke-101 di lapangan bola kaki desa setempat, Rabu (04/04/2018).

Menurut Landasmi, banyak kegiatan kemasyarakatan dan pembangunan yang mulai dikerjakan oleh TNI bersama masyarakat. Semua yang dibangun merupakan kebutuhan warga di daerah itu yang kebanyakan petani, baik sawah maupun kebun.

"Kami sangat senang dengan kehadiran TNI yang membangun daerah kami melalui pogram TMMD ke-101. Kami juga siap mendukung menyukseskan kegiatan tersebut sampai selesai," ujarnya.

Selain Landasmi, Azmi (31)  pemuda desa setempat, juga mengatakan hal sama. Banyak kegiatan pembangunan mulai dilakukan TNI bersama masyarakat setempat, dari kegiatan fisik dan kegiatan sosial lainnya.

"Dengan kegiatan TMMD ini, banyak yang kami rasakan manfaatnya. Walaupun pekerjaan belum selesai 100%, selaku pemuda Desa Adan, kami siap membantu apa yang kami bisa," ungkap Azmi singkat. 

Sementara itu, dari data yang diperoleh LintasAtjeh.com menyebutkan, ada enam kegiatan fisik yang mulai dikerjakan diantaranya, pembukaan badan jalan sepanjang 2.138 M, pengerasan jalan sepanjang 2.688 M, pembangunan talud 407 M, tiga jembatan plat, satu jembatan beton dan pembuatan 15 unit gorong-gorong.

Selain kegiatan fisik, juga akan dilakukan sembilan kegiatan non fisik diantaranya penyuluhan wawasan kebangsaan dan bela negara, pengobatan massal, penyuluhan dan pelayanan KB Kes, penyuluhan kamtibmas, pertanian, narkoba, pendidikan, sosial, serta pelaksanaan bazar.

Sebelumnya, Dandim 0110 Abdya, Letkol Arm Iwan Aprianto dalam laporannya, menyebutkan kegiatan pra TMMD yang dimulai tanggal 12 sampai dengan 31 Maret 2018, terhadap kegiatan fisik, dengan kemajuan pekerjaan mencapai 25 sampai dengan 50%, dengan melibatkan Dansatgas dan Staf TMMD 15 orang, 25 Tim Asistensi, 110 SSK penugasan dan 60 orang masyarakat yang membantu bergantian.

"TMMD Reguler ke-101 tahun 2018 di Desa Adan, Kecamatan Tangan-Tangan, selain dibantu anggaran dari Mabes TNI juga dibantu Pemerintah Daerah Abdya," demikan ungkap Letkol Arm Iwan Aprianto.[ADI S]

Baca Juga