LintasAtjeh.com Menginspirasi, Mengedukasi dan Mencerdaskan Generasi Anti Hoax.

Mengembangkan Kemampuan Kecerdasan Anak, Bagaimana Caranya?

IST
MENCETAK anak berprestasi idaman orang tua anak merupakan amanah dari Tuhan Yang Maha Esa yang harus diasuh serta dirawat dengan baik. Sebuah keluarga yang memiliki anak cerdas memiliki suatu kebanggaan tersendiri. Begitu pula dengan sebuah negara yang maju memerlukan anak muda yang kreatif, aktif, serta inovatif untuk menciptakan suatu pembaharuan untuk kemaslahatan publik. 

Lantas, bagaimana sebuah keluarga agar dapat mencetak anak-anak hebat? Anak cerdas tidak hanya diartikan sebagai mereka yang mampu berprestasi dalam bidang akademik. Namun, anak cerdas dan hebat adalah mereka yang mampu menegembangkan bakat dan minat mereka secara proporsional. 

Bakat adalah kemampuan dasar seseorang untuk belajar dalam tempo yang relatif lebih pendek dibandingkan dengan orang lain. Sedangkan minat adalah suatu proses pengembangan dalam mencampurkan seluruh kemampuan yang ada untuk mengarahkan individu kepada suatu kegiatan yang diminatinya. 

Kesatuan antara minat dan bakat akan memudahkan mereka untuk berprestasi dalam bidangnya. Sehingga, apa saja yang dibutuhkan anak untuk mengembangkan bakat dan minatnya? 

Pertama, pengaruh hereditas. Seperti halnya kecerdasan Ibu yang memiliki pengaruh besar terhadap kecerdasan anak, hereditas yang diwarisi dari kedua orang tuanya juga sangat menentukan minat sang anak. 

Kedua, pengaruh kepribadian anak. Anak tidak hanya membutuhkan sehat secara fisik, namun juga sehat psikologisnya. Keadaan psikologis dalam diri anak akan sangat memengaruhi keberhasilan anak dalam mengembangkan minatnya. 

Ketiga, nutrisi. Nutrisi anak akan sangat memengaruhi perkembangan fisik anak yang nantinya bertanggungjawab terhadap kecerdasan serta kreativitas anak. Seperti yang kita ketahui saat ini gencar sekali gerakan untuk memenuhi nutrisi anak. 

Keempat, dukungan orang tua. Orang tua adalah tempat pertama anak merasakan kasih sayang, tempat pertama anak belajar mempercayai seseorang, tempat pertama yang mengajar dan membimbing, serta sosok utama yang melihat perkembangan anak secara utuh.

Sehingga dukungan positif yang diberikan oleh orang tua akan membantu anak menumbuhkan rasa percaya diri. Ketika rasa percaya diri terhadap bakatnya telah muncul, anak akan mudah dalam mengembangkan imajinasinya. 

Kesesuaian antara minat dan bakat akan membantu anak lebih menonjol pada bidangnya, yang akan sangat berdampak pada kariernya kedepan. Keberhasilan seseorang pada bidanganya akan membantunya kebih luwes dalam mengembangkan sesuatu.

Penulis: Afrahtul Rifqah Salsabila (Mahasiswi Program Studi Psikologi Unsyiah) 

Baca Juga