LintasAtjeh.com Menginspirasi, Mengedukasi dan Mencerdaskan Generasi Anti Hoax.

5 Fakta Sehat Buah Plum Untuk Tubuh


JAKARTA - Meskipun buah prem atau buah plum tak tumbuh di Indonesia, popularitas buah ini kian diminati masyarakat. Buah plum kini sudah dapat ditemui di banyak supermarket bahkan pasar tradisional. 

Permintaan terhadap buah plum terus meningkat, lantaran buah ini memiliki kandungan dan manfaat yang baik bagi tubuh. Tak cuma itu, buah plum juga dianggap bisa membantu menurunkan berat badan.

Plum telah terbukti kaya akan gizi karena mengandung banyak vitamin, mineral, serat, dan antioksidan yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit kronis.

Buah plum yang dapat dikonsumsi secara segar dan dikeringkan ini juga dapat memperbaiki beberapa kondisi tubuh seperti sembelit dan osteoporosis.

Berikut merupakan khasiat buah plum yang sudah terbukti dari banyak penelitian.

1. Kaya nutrisi
Plum memiliki nutrisi yang sangat tinggi karena mengandung lebih dari 15 vitamin dan mineral yang berbeda serta serat dan antioksidan. Buah ini juga rendah kalori.

Healthline merinci dalam satu buah plum mengandung 30 kalori, 8 gram karbohidrat, 1 gram serat, dan 7 gram gula. Buah plum juga memiliki 5 persen Vitamin A dari asupan diet yang direkomendasikan (RDI), 10 persen RDI vitamin C, 5 persen RDI Vitamin K, 3 persen RDI kalium, 2 persen RDI Tembaga, 2 persen RDI mangan.

Satu buah plum juga mengandung sejumlah kecil vitamin B, fosfor dan magnesium.

2. Kaya antioksidan
Buah plum kaya akan antioksidan yang dapat mengurangi peradangan dan melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

Penelitian menunjukkan plum mengandung antioksidan polifenol dua kali lipat lebih tinggi dari nektarin dan buah persik. Antioksidan polifenol ini berkhasiat untuk kesehatan tulang dan mengurangi risiko penyakit jantung dan diabetes. Kandungan ini juga ampuh mengurangi inflamasi dan mencegah kerusakan sel.

Selain itu, plum juga mempunyai antioksidan yang aktif yakni antosianin. Zat ini berkhasiat mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker.

3. Baik untuk jantung
Mengonsumsi plum secara rutin bakal dapat melindungi jantung dari kerusakan. Penelitian menemukan plum dapat mengurangi tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol yang merupakan penyebab penyakit jantung.

Khasiat plum untuk kesehatan jantung ini didapat dari kandunganserat, kalium dan antioksidan yang tinggi.

4. Meredakan sembelit
Plum juga ampuh meredakan sembelit lantaran tingginya jumlah serat. Plum banyak mengandung serat yang tidak larut sehingga mempercepat laju buang air besar dalam saluran pencernaan. Buah plum yang dikeringkan juga mengandung sorbitol, yaitu alkohol guya dengan efek laksatif alami.

Mengonsumsi plum telah terbukti efektif mengobati sembelit daripada banyak pencahar lain, termasuk obat populerpsyllium.

5. Baik untuk tulang
Buah plum yang dikeringkan juga dapat meningkatkan kesehatan tulang. Banyak penelitian yang sudah menghubungkan konsumsi buah plum dengan perunan risiko pelemahan tulang seperti osteoporosis dan osteopenia.

Penelitian itu menemukan plum dapat mencegah tulang yang keropos dan bahkan mengembalikan kondisi tulang yang sudah keropos. Peneliti menyebut kandungan antioksidan yang tinggi pada plum membantung mengurangi kerusakan tulang ini.

Plum juga meningkatkan kadar hormon yang baik untuk tulang. Selain itu, plum mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk menjaga tulang seperti vitamin K, fosfor, magnesium dan kalium.[CNN Indonesia]

Baca Juga