-->








Patung Firaun Kembali Berdiri Kokoh

19 Desember, 2014, 20.24 WIB Last Updated 2014-12-19T13:24:39Z
MESIR Mesir Pada tahun 1.200 Sebelum Masehi (SM), sebuah gempa dahsyat meruntuhkan patung Amenhotep III setinggi 43 kaki. Amenhotep sendiri adalah kakek dari Tutankhamun, salah satu Firaun yang terkenal. Lebih dari 3.200 tahun kemudian, patung Firaun ini berhasil dibangun kembali lewat kerja keras para arkeolog.

Dikutip dari Fox News pada Jumat (19/12/2014), patung Amenhotep III sendiri memiliki lebih dari 89 potongan yang cukup besar dan banyak fragmen yang lebih kecil. Total, patung ini memiliki bobot sekitar 121 ton.

Saat ini, patung tersebut sudah kembali berdiri kokoh sebagai penanda gerbang utama kuil di kota Luxor, Mesir. Pada kuil ini, terdapat patung kembar Firaun yang sangat terkenal dengan tinggi lebih dari 70 kaki.

Hourig Sourouzian, arkeolog yang memimpin tim, mengatakan patung ini adalah "salah satu stupa tertinggi raja Mesir."

Patung ini diresmikan pada sebuah upacara pada Minggu lalu (14/12/2014). Selain diresmikan, penyelenggara juga mengadakan upacaya perayaan atas berhasilnya patung ini berdiri kembali.

Memang, sampai saat ini temuan-temuan arkeologis baru, terus ditemukan, terutama di Mesir. Pada bulan lalu misalnya, tim arkeologis menemukan potongan patung kepala raja yang terbuat dari kapur di sebuah kuil, 15 km sebelah selatan Luxor.

Terletak lebih dari 600 km dari Kairo, Luxor di bagi ke dalam 2 daerah, yaitu Timur dan Tepi Barat. Tepi Barat adalah tempat bagi beberapa monumen dan kuil yang paling berharga dari zaman Mesir Kuno.


Tempat patung-patung Firaun ini sebenarnya merupakan salah satu sektor wisata yang diandalkan Mesir. Akibat ketidakstabilan politik dalam negeri sejak tahun 2011, tempat ini menjadi kurang begitu diperhatikan. (Liputan6)
Komentar

Tampilkan

Terkini