-->








Kodim 0103 Tanam Jagung di Pedalaman Aceh Utara

30 Januari, 2015, 00.04 WIB Last Updated 2015-01-29T17:04:56Z
LHOKSUKON – Komando Disrik Militer (Kodim) 0103 Aceh Utara kembali melaksanakan agenda ketahanan pangan dengan menanam jagung bersama kelompok tani Mutiara Pusaka, di lahan seluas 35 hektar milik Kodim 0103 Aceh Utara, di Dusun Mihra Istimewa, Gampong Seureuke, Kecamatan Langkahan, Kabupaten Aceh Utara, Kamis (29/1).

Bupati Aceh Utara H Muhammad Thaib, dalam sambutannya mengatakan sangat mengapresiasi TNI yang telah member bukti nyata bahwa TNI peduli dengan masyarakat dan TNI melindungi masyarakat.

Menurut bupati, ada beberapa event di kabupaten Aceh Utara yang membuat kabupaten ini bersemi kembali. Yaitu TNI membuka lahan pertanian kedelai di wilayah barat, membangun rumah tidak layak huni, dan pertanian lainnya.

Ke depan, ucap Cek Mad—sapaan akrab Bupati--ada satu hal lagi yang akan muncul di Aceh Utara yaitu penanaman nanas, pisang di kecamatan Langkahan. Dan perlu kerjasama yang baik antara pemerintah dengan TNI agar program tersebut dapat terlaksana dengan baik.

Dan diharapkan kepada Muspika, untuk melakukan koordinasi dengan masyarakat terkait kendala-kendala seperti yang disampaikan oleh kelompok tani Mutiara Pusaka diantaranya mengeluhkan jalan yang rusak, hama gajah, kesehatan dan pendidikan.

“Setelah itu bawa laporan tersebut ke kantor saya agar segera mendapat respon,” kata Cek Mad.

Danrem 011/LW, Kolonel Inf Hifdijah, mengatakan TNI sangat mendukung program ketahanan pangan ini sebagai upaya untuk menciptakan swasembada pangan. Menurutnya TNI selain mampu berperang, juga membantu pemerintah termasuk dalam bidang penguatan pertanian dan ketahanan pangan dengan menanam jagung di lahan tidur yang ada di tempat ini dan tempat lainnya di Aceh sehingga dapat meningkatkan taraf hidup.

Maka dari itu, dalam rangka mendukung pemerintah melaksanakan program ketahanan pangan Indonesia 2017. Hal ini menunjukan batapa pentingnya kegiatan ini sebagai forum untuk menigkatkan wawasan, kreativitas, profesionalisme, kinerja, serta koordinasi dalam upaya mendukung program pemerintah terkait swasembada pangan untuk 3 tahun ke depan.

Di ujung acara, dilakukan penyerahan benih jagung, pupuk, dan peralatan pertanian untuk 35 hektar lahan milik Kodim 0103 yang diserahkan kepada perwakilan kelompok tani. adapun bantuan Jagung yang diberikan yaitu sebanyak 15 kg/per hektar, Pupuk NPK 150 kg per hektar, insektisida 3 liter per hektar, organik cair 6 liter per hektar, dan peralatan pertanian.

Turut hadir pada penanaman jagung perdana, Danrem 011/Lw Kolonel Inf. Hifdijah, Danlanal  Kolonel Laksana, Dandim 0103/Aut Letkol Inf Rosandriyanto, Kasdim 0103/Aut Erwandarno, Kapolres AKBP Achmadi SIK, Pabung /Aut Mayor Ojak Simarmata, Bupati Muhammad Thaib, Dinas Pertanian Ir. Muhtarruddin, Kadis Sosial Drs. Jailani, Kajari T. Rahmatsyah, SH, Ketua PN Lhoksukon Abdul Azis SH.MH, Kepala BRI Lhoksumawe, serta unsure Muspika dan tamu undangan lain. [01]
Komentar

Tampilkan

Terkini