-->








Dua Desa di Dua Kabupaten Ini Butuh Jembatan Gantung

16 Maret, 2015, 07.45 WIB Last Updated 2015-03-16T00:49:15Z
ACEH TIMUR - Masyarakat di dua Desa Blang Awe, Kecamatan Madat, Kabupaten Aceh Timur, dan Desa Teupin Gajah, Kecamatan Tanah Jambo Aye, Kabupaten Aceh Utara, minta pemerintah membangun jembatan gantung sebagai penghubung kedua desa itu.

Melirik angka pertumbuhan ekonomi yang kian melemah. Masyarakat pinggiran sungai di Desa Matang Awe, umumnya sebagai pekerja tani sawah dan kebun. Petani berharap  keberadaan Jembatan Gantung di desa itu menjadi prioritas utama sebagai jalur lintas petani yang memiliki lahan sawah di Desa Teupin Gajah.

Seperti yang sampaikan oleh Ayah Muda Alias Gechik Ramli, Desa Blang Awe, kepada lintasatjeh.com, Senin (16/3).

Daerah aliran sungai Tanah Jambo Aye menurut Ramli, arus sungainya tidak deras. Akan tetapi sudah empat orang warganya dinyatakan meninggal dunia akibat terjatuh ke sungai tersebut beberapa tahun lalu.

“Mereka karam akibat jatuh ke sungai karena patah jembatan pada musim petani sawah," ujarnya.

Umumnya, sambungnya lagi, warga Desa Blang Awe memiliki lahan sawah di Desa Teupin Gajah dan meraka juga bertani di sana. Karena itu warga pun sudah merasa trauma  untuk membangun jembatan dari batang pohon pinang.

“Warga meminta kepada saya agar membuat permohonan kepada pemerintah untuk segera dapat membangun jembatan gantung di desa kami," ucap Ramli.

Dia menyebutkan, selama dua tahun ini sudah 5 KK warga pindah keluar dari desa Blang Awe, “Saya khawatir semua warga saya yang memiliki tanah sawah di desa Teupin Gajah itu. Maka juga ikut pindah ke desa di Kecamatan Tanah Jambo Aye, Kabupaten Aceh Utara."

Oleh karena itu, mengingat jarak dan waktu yang sangat jauh harus ditempuh oleh petani yang saban hari nya mereka ke sawah berjalan melintasi jalan Besar dan Jembatan Kota Panton Labu, bagi petani hal itu terlalu rumit dan memakan waktu lama bagi mereka.

Ayah Muda berharap kepada Pemerintah Aceh dan Dinas terkait agar segera dapat memperioritaskan kebutuhan masyarakat petani untuk membangun 1 unit bangunan jembatan gantung sebangai penghubung desa di dua kabupaten ini. [zm]
Komentar

Tampilkan

Terkini