-->








Nelayan Trumon Keluhkan Kuala Dangkal

21 Maret, 2015, 10.39 WIB Last Updated 2015-03-21T03:40:35Z
ACEH SELATAN - Sejumlah nelayan di Kuala Trumon, Kecamatan Trumon Induk, Kabupaten Aceh Selatan mengeluh akibat muara yang dangkal sejak tahun 2010 lalu, sehingga nelayan sulit berlabuh ke dermaga.

Salah seorang Nelayan Kuala Trumon, Khairullah (62), kepada lintasatjeh.com, Sabtu (21/03) mengatakan, hingga saat kondisi tersebut memaksa nelayan di sana tidak bisa beraktivitas dan masih terganggu, bahkan selama ini tangkapan nelayan berkurang.

“Kondisi seperti ini lebih kurang sudah 5 tahun yang lalu, bahkan sebagian boat nelayan terpaksa ditambankan di laut lapas,”ucapnya menambahkan.

Lebih lanjut dia mengatakan, sejumlah boat nelayan yang ingin turun melaut kini sering terperangkap di darat akibat dangkalnya kuala.

Selain dangkal, sambung Khairullah, keberadaan Kuala Kuta Bate juga telah bergeser dari  lokasi sebelumnya.

Untuk itu, nelayan setempat mengharapkan adanya tindakan segera dari Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan  guna mengatasi permasalahan yang menyulitkan nelayan.

“Kita sudah sering menyampaikan masalah ini ke Dinas Perikanan Tapak Tuan untuk dilakukan pengerukan tapi tak kunjung datang. Kami sangat berharap kepada bupati terpilih lebih peduli dengan nasib kami para nelayan,” pinta Khairullah.

Lima tahun yang lalu pernah datang pemerintah setempat ke kuala tersebut dan baru-baru ini juga pernah turun Bupati T Sama Hendra bersama rombongannya, namun hanya memberikan harapan kepada nelayan bahwa tahun 2015 Kuala tersebut akan segera dibuat. [kingli]
Komentar

Tampilkan

Terkini