-->








Ribuan Jamaah Hadiri Haul Abu Idi Cut

05 Maret, 2015, 14.48 WIB Last Updated 2015-03-05T07:52:43Z
ACEH TIMUR - Ribuan jamaah menghadiri Haul Abu Idi Cut (Tgk. H. Abdul Wahab Bin Abdul Hamid) yang Ke-VI di Komplek YPI Ponpes Darussa'adah Cabang Idi Cut, Kabupaten Aceh Timur, Provinsi Aceh, Kamis 05 Maret 2015. Hadir diantaranya Asisten II Setdakab Aceh Timur Usman A.Rachman dan anggota DPR Aceh, Ridwan Abubakar.

Kegiatan Haul Abu Idi Cut Tahun 2005 diawali dengan Do'a Bersama di Kubah Abu Idi Cut yang berada didalam Komplek YPI Darussa'adah Idi Cut. Kemudian dilanjutnya dengan tausiah yang disampaikan Tgk. H. Ishak atau yang akrap disapa Abu Langkawi. Beliau juga tercatat salah satu pengurus Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Provinsi Aceh.

Dalam tausiahnya, Abu Langkawi menyampaikan beberapa hal yang dianggap penting dalam momentum peringatan Haul Abu Idi Cut. Diantaranya kelebihan dayah dan balai pengajian dan turut dibahas juga tentang perjuangan Nabi Muhammad SAW. Kelebihan tempat menuntut disampaikan karena dalam hadis Rasulullah SAW diterangkan bahwa ada beberapa tempat yang dilindungi Allah, apalagi selama aktifitas pengajian masih berlangsung cahayanya tembus ke langit.

"Masjid, Dayah atau Balai Pengajian dan Tempat Penghafal Alqur'an adalah tempat yang dilindungi Allah dan cahayanya tembus ke langit," kata Abu Langkawi seraya megharapkan, jamaah dan umat Islam untuk membantu masjid dan dayah sebagai tempat yang mulia disisiNya.

Sementara itu, Bupati Aceh Timur Hasballah HM. Thaib melalui Kadis Syariat Islam (SI) Aceh Timur, Syukri Juned dalam sambutan sebelum mengharapkan, momentum haul Abu Idi Cut diharapkan menjadi ajang pemersatu umat seraya memperkuat silaturrahmi antar sesama alumni Darussa'adah, baik di Aceh Timur ataupun diseluruh pelosok nusantara.

"Peringatan Haul Abu Idi Cut kali ini tidak sebatas memperingati, tapi harus diamalkan berbagai pesan-pesan Abu Idi Cut disaat beliau masih hidup, sehingga warisan ilmunya tetap terpancar sinarnya di tubuh alumni,"demikian kata Syukri. [Iskandar]
Komentar

Tampilkan

Terkini