-->




Susah Payah Timnas U-23 Kalahkan Brunei 2-0

29 Maret, 2015, 19.52 WIB Last Updated 2015-03-29T13:17:14Z
JAKARTA - Indonesia meraih kemenangan 2-0 atas Brunei Darussalam dalam partai kualifikasi Piala Asia U-23. Kedua gol Indonesia lahir di paruh kedua pertandingan.

Dalam pertandingan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu (29/3/2015) sore WIB, gol dari Ahmad Nufiandani dan Muchlis Hadi Ning Syaifulloh membuat 'Garuda Muda' berhasil meraup poin penuh.

Hasil itu membuat Indonesia untuk sementara memuncaki klasemen Grup H dengan 6 poin, setelah di pertandingan pertama lalu menang 5-0 atas Timor Leste. Brunei sementara itu belum meraih satu poin pun dari dua laga.

Posisi dua klasemen sementara ditempati oleh Korea Selatan yang mengoleksi 3 poin hasil dari satu pertandingan berupa kemenangan 5-0 atas Brunei. Korsel berkesempatan menyamai raihan poin Indonesia ketika menghadapi Timor Leste di partai keduanya malam nanti.

Jalannya Pertandingan

Di menit-menit awal pertandingan Brunei langsung mengejutkan kubu Indonesia. Lewat sebuah penetrasi Brunei, Hansamu Yama Pranata dinilai mengangkat kaki terlalu tinggi saat tengah menghalau bola dari kejaran Nur Syazwan Halidi. Wasit menunjuk titik putih.

Aimmil Rahman kemudian maju jadi algojo. Tetapi kiper Natshir Fadhil dengan jitu menebak arah bola dan menggagalkannya, untuk membuat kedudukan masih tetap 0-0.

Setelah itu tekanan demi tekanan dilancarkan para pemain Indonesia ke arah pertahanan dan gawang Brunei, walaupun masih terus membentur pertahanan lawan.

Salah satu peluang terbaik Indonesia lahir di menit ke-37 lewat penetrasi Antoni Putro yang diselesaikan tembakan Ilham Udin tepat di depan gawang Brunei. Namun, bola masih bisa dihadang kiper Ahsanuddin dengan kakinya.

Menjelang turun minum kemelut kecil terjadi di depan gawang Brunei. Tetapi bola pada prosesnya bisa dijauhkan para pemain Brunei.

Dari tekanan berikutnya Antoni Putro dengan apik berhasil menahan bola dari umpan silang sambil membelakangi gawang. Ia lalu setengah memutar badan dan melepaskan tembakan, meskipun bola akhirnya cuma menghantam tiang dan meluncur keluar lapangan.

Di babak kedua kendali permainan masih jadi milik Indonesia walaupun kurang jitunya penyelesaian akhir ditambah dengan rapatnya pertahanan Brunei mengandaskan serangan demi serangan.

Pertahanan Brunei akhirnya jebol ketika pertandingan memasuki menit ke-70. Diawali dari kemelut kecil di depan gawang Brunei sebuah sontekan dari Ahmad Nufiandani membuat bola meluncur ke dalam gawang Brunei, walau sempat sedikit mengenai tangan kiper. Skor jadi 1-0 untuk Indonesia.

Sekitar lima menit kemudian pemain pengganti Wawan Pebriyanto mendapatkan bola kemudian melepaskan tembakan keras. Namun, si kulit bundar cuma menghantam mistar gawang Brunei.

Lima menit menuju bubaran, Wawan Pebriyanto melepaskan tembakanke arah gawang Brunei yang masih mengenai kaki lawan. Bola lalu melambung ke arah tiang jauh dan Ahmad Nufiandani coba melanjutkan tekanan dengan sepakan yang masih belum akurat.

Keunggulan Indonesia bertambah setelah bola umpan terobosan Indonesia berhasil dikuasia Antoni Putro yang kemudian meneruskan dengan umpan silang ke depan gawang. Muchlis Hadi tak membuang peluang dan berhasil menyambar bola dengan kepalanya.

Susunan Pemain

Brunei: Ahsanuddin; Nur Azees, Asnawi Syazni, Khairil Shahme, Suhaimi Salau, Abdul Khair, Faiz Farhan (M Nadzri bin Haji Erwan 74'), Yura Indera, Abang Hazim (At Tawwab bin Ali Rahman 58'), Aimmil Rahman; Nur Syazwan.

Indonesia: Natshir Fadhil; Andik Rendika, Manahati Lestusen, Hansamu Yama, Putu Gede, Hendra Bayauw (Muclis Hadi 58'), Adam Alis, Paulo Sitanggang, Ahmad Nufiandani, Ilham Udin (Wawan Pebriyanto 61'), Antoni Putro. [Detik]
Komentar

Tampilkan

Terkini