-->








Tingkatkan Minat Baca, Pemkab Aceh Timur Laksanakan Bimtek Pengelolaan Perpustakan

10 Maret, 2015, 15.56 WIB Last Updated 2015-03-10T10:30:40Z
ACEH TIMUR – Demi untuk mewujudkan generasi yang gemar membaca, gearasi muda yang masih berada di bangku pendidikan harus sedini mungkin diperkenalkan dengan perpustakaan, terutama perpustakaan sekolah.

Sehingga Pemerintah Kabupaten Aceh Timur memcoba mengambil bagian melalui program Bimtek pegelola perpustakaan sekolah dengan harapan akan adanya perubahan terhadap pemahaman dan pengetahuan tentang tatacara pengelolaan perpustakaan sekolah sesuai dengan ketentuan yang ada, serta memberikan dampak positif bagi perkembanganinformasi dan pendidikan di tegah masyarakat.

Sehubungan dengan pencapaian sumber daya manusia yang maju dan cerdas, pemerintah Kabupaten Aceh Timur telah melakukan banyak program perbaikan khususnya dalam bidang pendidikan karena melalui pendidikankanlah sumber daya manusia yang maju bisa terwujud. Salah satu langkah Pemerintah Kabupaten Aceh Timur dalam mencerdaskan bangsa sesuai engan amanah Undang-undang Nomor 43 Tahun 2007 dengan menyelengarakan dan mengembangkan Perpustakaan.

Sebagaimana yang diketahui Perpustakaan ialah tamannya dari berbagai ilmu pengetahuan yang tertata rapi di dalam buku-buku yang terpajang dengan indah di perpustakaan. Namun pada kenyataannya, masih banyak masyarakat yang masih kurang menyadari pentingnya akan keberadaan perpustakaan sebagai tempat gudangnya ilmu pengetahuan sekaligus sebagai jendela dunia dan juga sebagai sarana merubah atau mengasah pola fikir dan pandangan, oleh sebab itu keberadaan sebuah perpustakan harus dimanfaatkan semaksimal mungkin terutama bagi generasi muda penerus bangsa.

Acara bimtek pengelolaan perpustakaan tersebut berlangsung di Aula Gedung Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Aceh Timur, di Kecamatan Peureulak Kota pada Selasa, 10 Maret 2015.

Assisten III Bidang Administrasi Umum Setdakab Aceh Timur, Syafrizal, SH ketika membuka acara Bimtek Pengelolaan perpustakaan Sekolah Tingkat SMP/SMA Dilingkungan Kabupaten Aceh Timur mengatakan, kami menyadari bahwa Pemerintah Kabupaten Aceh Timur melalui Kantor Perpustakaan dan Arsip daerah belum bisa sepenuhnya memberikan dan menyediakan berbagai informasi kepada masyarakat sampai ke pelosok Gampong.

Hal tersebut dikarenakan sarana yang ada masih sangat terbatas, oleh karena itu pembinaan Perpustakaan pada sekolah-sekolah, perpustakaan Gampong, perpustakaan Masjid dan perpustakaan lainnya  yang ada di Kabupaten Aceh Timur akan terus dilaksanakan dan diberdayakan semaksimal mungkin.

Oleh karenanya acara Bimtek Pegelola Perpustakaan sekolah ini dilaksanakan sebagai bentuk tanggung jawab Pemerintah Daerah guna mencerdaskan kehidupan anak bangsa sekaligus program penyambung tangan dari Pemerintah melalui Kantor Prpustakaan dan Arsip Daerah untuk menyediakan informasi kepada masyarakat," ujar Syafrizal.

Sementara itu, kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Darah Kabupaten Aceh Timur, Subki, SE dalam laporanya mengatakan, acara Bimtek pengelola perpustakaan sekolah tingkat SMP/SMA akan berlagsung selama tiga hari yang dimulai pada tanggal 10 s/d 12 maret 2015 yang diikuti sebanyak 50 orang peserta yang merupakan tenaga pengelola perpustakaan pada setiap sekolah dengan menghadirkan pemateri dari Badan Arsip dan Perpustakaan Pemerintah Aceh dan juga para pejabat di Lingkunggan pemerintah Kabupaten Aceh Timur. [Iskandar]
Komentar

Tampilkan

Terkini