-->








Asisten II Buka Lomba Asah Terampil Petani Aceh

21 April, 2015, 13.36 WIB Last Updated 2015-04-21T08:39:44Z
ACEH TIMUR – Bupati Aceh Timur Hasballah, M. Thaib diwakili Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Daerah Aceh Timur Usman A. Rachman membuka acara Pelaksanaan Lomba Asah Terampil Petani Aceh (LAT-PA) Aceh Timur Tahun 2015 yang dilaksanakan disamping Kantor Dinas Pertanian, Selasa 21 April 2015.

Dalam sambutannya, Usaman A Rachman menyampaikan lomba asah terampil merupakan kegiatan rutin BP4K dan Tahun ini merupakan Tahun kedua dilaksanakannya lomba asah terampil petani Aceh di Kabupaten Aceh Timur. "Dimana masyarakat Aceh Timur mata pencahariannya bersumber pada sector pertanian, perikanan dan kehutanan," kata Usman.

Dikatakan, dalam mengelola sumber daya alam peran kelompok tani sangat menentukan kelompok tani. Kelompok tani merupakan wadah kelas belajar, wadah unit produksi dan wadah kerjasama dalam membangun pertanian yang berkelanjutan.

Usman menyebutkan, lomba asah terampil petani Aceh ini merupakan bagian dari program Pemerintah melalui BP4K untuk memberdayakan kelompok Tani di Kabupaten Aceh Timur. Sangat diharapkan dengan adanya kegiatan ini kelompok tani akan mengalami perubahan pola piker dari pola tradisional menjadi pola piker bertehnologi.

Oleh karena itu diharapkan kepada para kelompok tani yang merupakan mitra penyuluh dapat berperan atktif dalam mensosialisasi kepada semua petani untuk belajar menggunakan potensi lahannya sebagai lahan cadangan pangan dengan maksimal, penggunaan lahan cadangan pangan kita dapat menjadi sentra lumbung pangan nasional terutama untuk kita sendiri diaceh," ucap Usman.

"Pemerintah Aceh Timur berharap kepada kelompok tani dapat berperan aktif dalam menganjurkan kepada semua petani agar pada saat panen raya jangan langsung menjualnya, namun sebagai hasil panen dapat disimpan sebagai cadangan pangan," pinta Usman.

Sementara itu dalam sambutannya, dalam lomba asah terampil dirinya berharap kepada para juri dapat bertugas dengan baik sehingga dalam memberikan penilaian nanti tidak ada yang dirugikan. "Kepada peserta ikutilah kegiatan dengan baik dan ambillah hikmahnya untuk disampaikan kepada anggota kelompok lainnya nanti, bagi yang menang dalam lomba ini jangan berpuas diri, tapi teruslah belajar," ujar Usman.

Usman sangat mengharapkan kepada kelompok Tani yang menjadi juara ditingkat Kabupaten akan mengikuti lomba ditingkat provinsi dan mambawa nama baik Kabupaten Aceh Timur," demikian pintanya.

Sementara itu, Lukman,. SP kepala Bappeluh yang juga ketua lomba asah terampil dalam laporannya menyampaikan, lomba asah terampil petani Aceh (LAT-PA) ini merupakan salah satu kegiatan penyuluhan. "Kegiatan ini diharapkan dapat memotivasi petani untuk meningkatkan kegiatan usaha tani," kata Lukman.

Lukman mengatakan, lomba asah terampil ini pesertanya merupakan hasil seleksi dari 24 Kelompok tani sekabupaten Aceh Timur yang medapat juara 1,2 dan 3 serta ditambah dengan juara harapan 1, 2, dan 3.

"Dari hasil seleksi tingkat Kecamatan, maka pada hari ini yang mengikuti selsi tingkat Kabupaten terdiri dari Kelompok tani Kecamatan Peureulak Timur, Kecamatan Sungai Raya, Peureulak Barat, Kecamatan Idi Timur, Kecamatan Darul Falah dan kelompok tani dari Kecamatan Darul Ichsan," demikian terang Lukman. [Iskandar]
Komentar

Tampilkan

Terkini