-->








Komjen Budi Gunawan Layak jadi Kepala BIN

21 April, 2015, 21.27 WIB Last Updated 2015-04-21T14:27:47Z
JAKARTA - Anggota Fraksi PDI Perjuangan, Junimart Girsang menilai Komjen Budi Gunawan (BG) sudah layak jika menjadi kepala Badan Intelejen Negara (BIN).

Sebelumnya, Koalisi Indonesia Hebat (KIH) mengusulkan BG menjadi wakil Polri (Wakapolri) pada Presiden Joko Widodo.

Komjen BG pernah menjadi calon Kapolri yang diajukan Presiden Jokowi untuk diuji kelayakan dan kepatutannya ke DPR. Namun, Jokowi kemudian mengajukan nama calon Kapolri baru, Badrodin Haiti.

Junimart mengatakan, sah saja jika BG diajukan menjadi orang nomor satu di badan intelejen nasional tersebut. Sebab, BG sudah menyandang bintang tiga.

"Mendapatkan bintang itukan kehormatan, jadi sudah layak jika nanti menjadi kepala BIN," katanya di kompleks parlemen, Selasa (21/4).

Anggota komisi III ini menambahkan, hal itu juga berlaku jika BG diangkat menjadi wakapolri. BG sangat layak untuk menempati posisi Wakapolri.

Menurutnya, wakapolri hanya soal kewenangan. Kalau nanti jadi wakapolri, BG akan lebih mengurusi fungsi internal Polri.

Penunjukan BG menjadi Wakapolri maupun Kepala BIN, tidak akan menjadi preseden buruk bagi siapapun. Pasalnya, putusan hukum sudah jelas membebaskan BG dari statusnya sebagai tersangka oleh KPK. Sebab itu, publik harus menilai pada fakta hukum yang ada.

"Jangan sampai opini publik mengalahkan fakta hukum," ujarnya. [Republika]
Komentar

Tampilkan

Terkini