-->








Awas, Karakter Orang Bisa Terlihat dari Status di Sosmednya

02 Mei, 2015, 19.40 WIB Last Updated 2015-05-02T12:40:46Z
Sobat Nida,  media sosial sekarang ini sudah menjadi sesuatu yang sangat dekat dengan kehidupan kita. Mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi, coba hitung berapa kali sobat Nida mengintip halaman facebook, twitter, ig, path, pinterest, dll? Mau itu update status atau kepo profil orang atau mengintip kondisi dunia terkini.

Saking kuatnya hubungan antara kita dan media sosial, dari status seseorang kita bisa tahu kesukaan, sifat dominan, dan bahkan karakter seseorang.

Ini nih beberapa tipe karakter yang bisa kita intip dari status seseorang,

1. Tipe Melankolis/ Galauis

“ Mungkin kalo memang kita tidak berjodoh di dunia ini...“

Isi statusnya curhat melulu. Kadang minta solusi, kadang mengungkapkan sesuatu yang nggak butuh jawaban, atau kadang cuma butuh perhatian orang-orang.

2. Tipe Ekstrovert

1 hour ago statusnya sesuatu, 30 minutes ago udah berubah, 15 minutes ago udah ngga sama lagi.

Sering banget mengupdate status dibandingkan kebanyakan orang. Eksis di dunia nyata maupun maya.

3. Tipe Introvert

Nah, tipe ini cenderung malu-malu. Jarang mengupdate status, jarang komen, lebih senang ngasih jempol aja.

4. Tipe Narsis

Selalu update status yang "ini loh gue...". Foto selfie, update check-in, pokoknya yang bikin khalayak ramai tertarik dan terkagum-kagum sama aktivitas yang sedang dia lakukan.

5. Tipe Politis

Rajin memposting tautan berita-berita terkini baik dalam dan luar negeri. Biasanya postingan yang lagi hot di kalangan aktivis atau berita tentang pejabat-pejabat pemerintah yang sedang ramai diperbincangkan. Udah sama update nya kayak headline news di tv-tv.

6. Tipe Bisnis

Bro, sis, yang lagi cari-cari barang atau jasa, ngga usah bingung cari web nya. Cukup follow orang dengan karakter ini, maka notif kita akan penuh dengan barang dagangan mulai dari masker dan lulur sampai wardrobe ala-ala artis korea.

7. Tipe Puitis

Kalau baca update dari orang tipe puitis, bisa melting atau puyeng karena nggak ngerti apa yang diomongin. Sering ngutip sajak sastrawan-sastrawan zaman dulu kayak WS Rendra, Taufik Ismail, Sapardi Djoko Damono sampai ngutip lagu yang liriknya oke punya. 

Nah, kira-kira sobat Nida termasuk yang bagian mana nih? Atau termasuk ke dalam karakter yang belum teridentifikasi?

Sobat Nida, karena media sosial merupakan  ruang publik, menampilkan diri kita di media sosial sama hal nya dengan menampilkan diri kita di tempat umum, anggaplah sama seperti saat kita mengobrol di mall, kafe, dan tempat-tempat gaul yang lain. Apa yang orang lihat menunjukkan pikiran, pendapat, dan bahkan perasaan kita. 

So, kalau kita pengen terlihat baik dan kece di depan orang, kita harus menunjukkan hal-hal yang baik dan kece juga. Meskipun medsos adalah tempat ‘yang suka-suka’ kita aja, tapi, akan ada banyak orang yang melihat apa yang kita pikirkan lewat update-an kita, jadi kita harus tahu batas dan punya kontrol terhadap apa yang kita bagi.

Bocoran buat kalian-kalian yang dalam proses mencari kerja, pihak hrd atau sdm beberapa perusahaan bahkan melakukan pengecekan terhadap akun media sosial calon karyawan mereka lho. 

Nah sob, semoga kita semakin bijak dalam menggunakan media sosial ya.[annida]
Komentar

Tampilkan

Terkini