-->








Di Aceh Timur, Lulus SD Wajib Bisa Baca Alquran Untuk Masuk SMP dan SMA

05 Mei, 2015, 14.36 WIB Last Updated 2015-05-05T09:26:19Z
ACEH TIMUR – Bagi pelajar lulusan Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Aceh Timur wajib bisa baca Al Quran untuk mengikuti tes yang hendak masuk Sekolah Menengah Atas (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA). Hal ini disampaikan Abdul Munir, SE, MAP kepala Dinas Pedidikan Aceh Timur disela-selah kegiatan O2SN dan FLS2N tingkat SD.

Abdul Munir kepada lintasatjeh.com Selasa (5/5), mengatakan bahwa bagi setiap siswa yang telah tamat Sekolah Dasar (SD) yang akan melanjutkan kejenjang pendidikan diatasnya, mesti bisa membaca Alquran, minimal tidak terbata-bata saat melafalkannya.

Dirinya menjelaskan, tes tersebut tidak menjadi syarat mutlak karena ada serangkaian tes pengetahuan umum lain dalam proses seleksi. Para siswa yang tidak lulus tes baca Al Quran, tetap akan diterima di sekolah tersebut, apalagi bila nilai tes pengetahuan lainnya baik.

"Siswa akan diuji langsung secara praktik dalam membaca Quran oleh guru agama pada saat pendaftaran, meski mereka telah memiliki sertifikat atau surat rekomendasi lainnya. Sebab dengan ujian praktik dapat diketahui secara pasti kemampuan siswa tersebut," ujarnya.

Katanya, Para siswa yang tak lulus tes baca Al Quran, akan diberi kesempatan selama tiga bulan pertama untuk belajar dan setelah itu akan diuji kembali. Abdul Munir juga menyampaikan Pemerintah Aceh Timur melakukan kebijakan itu dalam upaya pemberantasan buta baca Al Quran. [Iskandar]
Komentar

Tampilkan

Terkini