-->








Penghuni Rutan Lhoksukon Jalani Tes HIV

05 Mei, 2015, 13.14 WIB Last Updated 2015-05-05T06:18:13Z
LHOKSUKON - Sebanyak 160 orang penghuni Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIA Lhoksukon, Aceh Utara menjalani tes pemeriksaan HIV/AIDS di Rutan setempat, Selasa (05/5/2015). Kegiatan penanggulangan tersebut juga bekersama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Aceh, Dinas Kesehatan Aceh Utara dan Rutan Lhoksukon.

Kasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Provinsi Aceh, Rozana, mengatakan, kegiatan semacam itu memang rutin dilakukan setiap tahunnya dan hanya bersifat mencegah dengan cara memberikan suntikan kepada para penghuni rutan.

“Kegiatan seperti ini memang rutin kita lakukan setiap tahunnya, malah sebelum di buat di Rutan ini kita sudah lebih awal menggelarnya di Gayo Lues dan Aceh Tenggara. Dan ini sifatnya hanya mencegah saja,” ujar Rozana kepada lintasatjeh.com.

Pihaknya juga belum dapat memastikan apakah dari 160 ornag penghuni rutan itu ada yang terjangkit HIV/AIDS. “Kalau itu kia belum bisa memastikan, karena sample darah yang kita ambil ini mesti di uji lab dulu di Banda Aceh untuk diketahui hasilnya,” pungkasnya.

Sementara itu Kepala Rutan Lhoksukon, Efendi SH mengapresiasi dengan adanya kegiatan tersebut. Pihaknya juga  berharap agar kegiatan itu terus dilakukan setiap tahunnya.

“Ya kalau bisa dilakukan rutin setiap tahun. Kemudian jangan hanya tes HIV/AIDS saja, tapi buka kegiatan untuk penyakit yang menular,” kata Efendi ditemui diruang kerjanya.[chairul]
Komentar

Tampilkan

Terkini