-->

Aceh Timur Launching Perdana Alokasi Dana Gampong

04 Juni, 2015, 23.26 WIB Last Updated 2015-06-05T06:12:31Z
ACEH TIMUR - Pemerintah Kabupaten Aceh Timur secara resmi melakukan pengucuran Alokasi Dana Gampong (ADG) pada Kamis 4 juni 2015 di halaman Kantor Camat Rantau Seulamat yang dilakukan oleh Bupati Aceh Timur, Hasballah Bin H.M. Thaib kepada 513 Gampong yang berada di dalam wilayah KLabupaten Aceh Timur.

Peluncuran perdana ini sekaligus merupakan peluncuran Dana Alokasi Gampong yang pertama sekali dilaksanakan untuk Kabupaten Kota yang ada di Provinsi Aceh.

Sekretaris Daerah Kabupaten Acegh Timur. M. Ikhsan Ahyat, S.STP, M.AP selaku Tim Pembina Penyaluran Alokasi Dana Gampong dalam laporannya mengatakan, Aceh Timur pada Tahuin 2015 mendapat kucuran Alokasi dana Gampong yang bersumber dari APBN sebesar Rp. 134.684.927.000 (seratus tiga puluh empat miliar enam ratus delapan puluh empat juta Sembilan ratus duapuluh tujuh rupiah).

Sedangkan Alokasi Dana Gampong yang bersumber dari  dana perimbangan sebesdar 10% setelah dikurangi Dana Alokasi Khusus (DAK) berjumlah Rp. 80.991.387.507. ( delapan puluh miliar Sembilan ratus Sembilan puluh satu juta tiga ratus delapan puluh btujuh ribu lima ratus tujuh rupiah)," kata M. Ikhsan Ahyat.

Sementara itu dana bagi hasil pajak daerah retribusi daerah sejumlah Rp. 720.800.000 ( tujuh ratus duapuluh juta delapan ratus ribu rupiah) sehingga total Alokasi Dana Gampong yang disalurkan ke rekening kas Gampong pada 513 Gampong berjumlah Rp. 216.397.114.507 (dua ratus enam belas miliar tiga ratus Sembilan puluh tujuh juta seratus empat belas ribu lima ratus tujuh rupiah).

Lebih lanjut M. Ikhsan Ahyat mengatakan, Alokasi Dana Gampong ini nantinya akan dibagi kedalam tiga tahapan ke masing-masing Gampong dimana untuk tahap pertama disalurkan sebesar 40% dan tahap berikutnya masing-masing 30%, namun jelasnya sebelum pengamprahan tahap kedua, pihak Gampong harus menyelesaikan laporan atau rincian penarikan yang tahap pertama terlebih dahulu.

Ia juga menjelaskan alokasi Dana Dasar untuk Tahun 2015 sebesar 90%, dibagi secara merata terhadap 513 Gampong, sedangkan 10% dibagi nsecara proporsional dengan memperhatikan kreteria yang terdiri dari jumlah penduduk sebesar 25%, angka kemiskinan sebesar 35%, luas wilayah sebesar 10% dan tingkat kesulitas geografis gampong sebesar 30% dimana data yang digunakan untuk perhitungan ini diambil dari badan Pusat Statistik dan Kementrian Keuangan Jakarta.

Sementara itu Bupati Aceh Timur, Hasballah Bin H.M. Thaib dalam sambutannya, saat Lounching perdana Alokasi Dana Gampong (ADG) mengatakan, dengan telah dikucurkannya Alokasi Dana Gampong ini tugas para geuchik dan aparatur Gampong lainnya kedepan semakin sulit dan berat.

Selain tugas-tugas rutinitas yang harus dilakukan, juga sekarang dihadapkan kepada pengelolaan keuangan Gampong yang mana mulai tahap perencanaan sampai dengan pertangungjawaban serta pelaporan kegiatan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Hasballah M. Thaib yang akrab disapa Rocky menambahkan, karena itu dirinya meminta kepada para Geuchik, Sekretaris dan Bendahara serta aparatur Gampong lainnya agar bekerja lebih baik, cermat, tekun, jujur, transparan, bertanggungjawab serta mempedomani petunjuk dan ketentuan yang telah ditetapkan agar terhindar dari resiko penyalahgunaan wewenang dan kekuasaan.

"Jadi saya ingatkan agar para geuchik dalam mengelola Alokasi Dana Gampong ini agar bersunguh-sunguh jangan sampai ada penyelewengan sebab hal tersebut akan berurusan dengan ranah hukum dan bukan hukum perdata akan tetapi hukum pidana," demikian tegas Rocky.

Sementara itu, penyerahan Alokasi Dana Gampong ini dilakukan langsung oleh Bupati Aceh Timur, Hasballah Bin H.M. Thaib kepada Geuchik Simpang Empat Kecamatan Rantau Selamat, Mislan. dimana sebelumnya Bupati Aceh Timur juga menyerahkan Peraturan Bupati Aceh Timur dan Surat Keputusan yang berkaitan dengan penyaluran alokasi dana gampong dan Geuchik juga menyerahkan secara simbolis Anggaran Pendapatan dan Belanja Gampong kepada Bupati Aceh Timur supaya alokasi dana gampong dapat segera disalurkan.

Hadir dalam acara penyaluran perdana Alokasi Dana Gampong ini antara lain Asissten I dan II, Kepala Dinas, para Kepala Bagian di Setdakab Aceh Timur, dan para Camat serta juga para Geuchik dalam wilayah Kabupaten Aceh Timur. [Iskandar]
Komentar

Tampilkan

Terkini