-->

Raja Trumon: Kejayaan Kerajaan Trumon jangan Sampai Hilang

26 Juni, 2015, 22.55 WIB Last Updated 2015-06-26T15:56:24Z
ACEH SELATAN - Wakil Bupati Aceh Selatan, Khamarsyah, S.Sos, bersama Dinas Pariwisata dan rombongan mengunjungi situs cagar budaya kerajaan negeri Trumon, Jum'at (26/6/2015) tadi pagi.

Kunjungan ini merupakan salah satu program penelusuran Kerajaan Trumon untuk membuat sebuah flm dokumenter bersama salah satu stasiun TV swasta nasional.

”Karena kita ingin mencari jejak-jejak kejayaan Kerajaan Negeri Trumon yang pernah berkembang pesat," kata Wakil Bupati di sela-sela kunjungan itu.

Setelah mengunjungi situs budaya itu, Wakil Bupati beserta rombongan juga langsung mendatangi pewaris kerajaan negeri Trumon yaitu Teuku Raja Ubit, dan T. Raja Aceh (Raja Muda Trumon) berbincang-bincang untuk pembuatan film dokumenter.

Pemerintah Aceh Selatan pada saat ini sangat serius dalam menelusuri jejak Kerajaan Negeri Trumon di masa kejayaanya dan ini menjadi salah satu program pariwisata dan kebudayaan Aceh Selatan.

Awak krue TV swasta didatangkan agar bisa melihat barang-barang purbakala sepeninggalan Negeri Trumon, dengan tujuan utamanya adalah memastikan dan mengkaji apakah itu benar-benar peninggalan dari Raja Negeri Trumon tempo dulu.

Pewaris raja Trumon, T. Raja Ubit mengharapkan kepada pemkab Aceh Selatan dan pemerintah Aceh agar mengupayakan suntikan dana untuk perawatan makam raja dan benteng raja Trumon.

Karena kita tidak ingin jejak kejayaan Kerajaan Negeri Trumon tersebut menjadi hilang, dalam upaya pelestarian sejarah itu," pungkasnya.[Jali]
Komentar

Tampilkan

Terkini