-->








Salat Subuh Telat Gara-gara Ketiduran Setelah Sahur, Bagaimana Hukumnya?

21 Juni, 2015, 12.23 WIB Last Updated 2015-06-21T05:23:42Z
Buat kamu yang setelah sahur suka ngelingker di kasur lagi alias tidur, terus kebablasan shubuhnya. Gimana hayo dengan sholat shubuhmu kalo matahari sudah meninggi?

Anas radhiyallahu 'anhu berkata, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Barangsiapa yang lupa atau tertidur dari shalat, maka kafaroh (tebusannya) adalah dia shalat ketika dia ingat." (HR. Bukhari dan Muslim). Nah, ulama bersepakat bahwa ketiduran atau lupa merupakan salah satu ketidaksengajaan dalam melaksanakan shalat wajib, sehingga diberlakukan qadha' shalat saat dia sadar dan ingat. Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Sebenarnya bukanlah kategori lalai jika karena tertidur. Lalai adalah bagi orang yang tidak shalat sampai datang waktu shalat lainnya. Barang siapa yang mengalami itu maka shalatlah dia ketika dia sadar." (HR. Muslim, 311/681).

Supaya nggak keseringan telat shalat shubuhnya, sebaiknya setelah sahur nggak tidur lagi ya, sob. Lakukan sesuatu yang membuatmu sibuk supaya matamu tetap on. Mengaji atau bersiap-siap ke masjid, boleh dicoba, sob.[Annida]
Komentar

Tampilkan

Terkini