-->








Kebersihan Kota Idi dan Sekitarnya Perlu Ditingkatkan

25 Juli, 2015, 18.37 WIB Last Updated 2015-07-25T12:28:20Z
ACEH TIMUR - Aidul Azhar Anggota Komisi D DPRK Aceh Timur dari fraksi Gerindra meminta Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup Aceh Timur untuk terus meningkatkan kebersihan Kota Idi dan Sekitarnya, dikarenakan selama ini Kota Idi, Idi Cut, Kuta Binje dan Kota Peureulak masih belum maksimal dalam segi kebersihan.

''Bahkan di kawasan Idi Cut, masih ada sampah yang dibuang dipinggir jalan negara dan jalan pasar, karena tidak tersedianya tong sampah yang memadai. Kondisi ini juga terlihat disepuatran kota Idi, lebih-lebih dalam bulan Ramadhan, bekas dagangan jajanan berbuka bertumpuk di ruas jalan, ini perlu perhatian khusus, '' ujar Aidul Azhar kepada lintasatjeh.com 25 juli 2015.

Menurutnya, Pemerintah Aceh Timur dalam pengusulan anggaran untuk menanggani kebersihan kota harus diutamakan. Pasalnya kebersihan itu sangat berkaitan dengan kesehatan masyarakat. Kita berharap TPA (Tempat Pembuangan Akhir) yang terletak di Kecamatan Darul Ikhsan dapat difungsikan pada tahun 2016 mendatang, sehingga anggaran transportasi sampah dapat menurun.

Karena selama ini, Kata Aidul Azhar dengan armada sampah yang kurang memadai, harus menempuh jarak lebih jauh ke TPA Birem Bayeun untuk mengangkut sampah. "Untuk operasional angkutan saja sudah bengkak, jadi harapan kita kepada  Pemerintah segera memperuntuhkan lokasi  TPA yang lokasinya telah dibebaskan pada tahun sebelumnya,'' pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebersiahan dan Lingkungan Hidup Aceh Timur Fakhrurrazi. MM mengatakan, pihaknya  mengaku melalui usaha yang dilakukan Bupati,'' Insya Allah  diawal tahun 2016 kita telah dapat menggunakan TPA di Lhok Tujoh, Kecamatan Darul Ikhsan, nantinya semua sampah yang ada di Kota Idi dan wilayah barat akan di buang ke TPA tersebut, selama ini kita akui sangat jauh pembuangannya, bayangkan dalam masa ramadhan dan lebaran sedikitanya ada 30 ton sampah dari beberapa kota dalam wilayah Aceh Timur ke TPA Birem Bayeun dengan kost yang tinggi, '' ujar Kadis Kebersihan. 

Ia melanjutkan,  untuk kebersihan kota pihaknya juga mengharapkan kepada masyarakat untuk dapat menjaga kebersihan kota,''jika ada tong sampah, jangan buang sampah ke luar tong, sehingga petugas gampang mengumpulkannya untuk diangkut, karena tanpa bantuan dan kerjasama masyarakat, kita pihak Dinas juga kewalahan dalam meningkatkan kebersihan kota,'' demikian ucap Fakhrurrazi. [Iskandar].
Komentar

Tampilkan

Terkini