-->








‎Koramil 19/Sungai Raya Panen Kedelai

29 Juli, 2015, 22.00 WIB Last Updated 2015-07-30T07:24:23Z
ACEH TIMUR - Komando Rayon Militer (Koramil) 19/Sungai Raya, Kodim 0104/Aceh Timur, melakukan panen kedelai. Penanaman kedelai secara luas akan dilanjutkan setelah panen tersebut. Pelaksanaan panen dihadiri langsung oleh Danramil, Lettu Inf. Manonga Lumban Raja beserta sejumlah Babinsa Koramil 19/Sungai Raya, Kodim 0104/Aceh Timur, Rabu (29/7/2015).

Danramil 19/Sungai Raya Lettu Inf. Manonga Lumban Raja mengatakan bahwa penanaman kedelai yang dilakukan Koramil 19/Sungai Raya merupakan kegiatan swadaya yang bermodal dari dirinya secara pribadi. Hal itu dilakukan dalam rangka menggalakkan program ketahanan pangan yang telah dicanangkan oleh pemerintah yang berfokus pada tanaman padi, jagung maupun kedelai (Pajalai).

Tanaman pangan, khususnya jenis padi, jagung dan kedelai memiliki peranan pokok sebagai pemenuh kebutuhan pangan, pakan dan industri yang setiap tahunnya cenderung meningkat seiring dengan pertambahan jumlah penduduk dan berkembangnya industri pangan dan pakan sehingga menjadi amat penting dan strategis.

"Pemerintah diharapkan agar beberapa tahun kedepan, Negara kita mampu melakukan swasembada pangan serta tidak lagi mengimpor bahan kebutuhan pokok," jelas Danramil yang sangat hobby bertani itu kepada lintasatjeh.com.  

"Oleh karenanya, dalam upaya mensukseskan program mulia dari pemerintah tersebut, selaku Danramil 19/Sungai Raya, Kodim 0104/Aceh Timur, telah melaksanakan berbagai macam penanaman jenis tumbuhan hortikultura dengan dana swadaya sendiri, termasuk melakukan penananaman kedelai seluas satu hektare di lahan tidur milik masyarakat. Hal tersebut juga dapat membekali para Babinsa dengan ilmu pertanian," imbuhnya.

Danramil juga menambahkan bahwa kegiatan swadaya yang dia galakkan selama ini juga ada kerjasama dengan pihak BP3K dan Mantri Tani Kecamatan Sungai Raya, khususnya dalam usaha berbagi ilmu pertanian.

"Tanaman kedelai yang kami panen saat ini, kami tanam secara swadaya sendiri semenjak tanggal 15 april 2015 kemarin, dengan luas lahan sejumlah satu Hektare dan menghasilkan kacang kuning seberat 750 Kg," pungkas Danramil 19/Sungai Raya, Kodim 0104/Aceh Timur, Lettu Inf. Manonga Lumban Raja.[Redaksi]
Komentar

Tampilkan

Terkini