-->








Krisis di Malaysia Sangat Mencemaskan bagi Indonesia

31 Agustus, 2015, 20.41 WIB Last Updated 2015-08-31T13:41:35Z
JAKARTA - Direktur Eksekutif perkumpulan Perkasa, Setyo Budiantoro menjelaskan persoalan yang ada di Malaysia bisa menjadi contagion effect atau efek menular ke Indonesia.

Apalagi peristiwa yang terjadi di Malaysia hampir sama pada krisis moneter 1997 silam saat nilai mata uang Bath Thailand jatuh dan menyebabkan krisis di Asia. Ketika itu Indonesia adalah negara yang terkena dampak paling hebat.

"Triple krisis di Malaysia ini sangat mencemaskan bagi Indonesia, Ringgit yang ambrol beresiko menyeret Rupiah. Ini bisa menjadi Contagion effect (efek menular) karena posisi geografis Malyasia yang dekat dengan Indonesia," ujar Setyo dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi, Senin (31/8).

Setyo menambahkan, pemerintah mesti mengantisipasi triple krisis yang terjadi di Malaysia bisa terjadi di Indonesia. Triple krisis itu adalah ketidakpercayaan terhadap pemerintah, krisis moneter dan krisis politik yang berujung malapetaka.

"Pemerintah perlu meyakinkan masyarakat dan pasar bahwa kondisi ekonomi Indonesia saat ini jauh dari krisis," imbuhnya.

Lebih lanjut, Setyo mengatakan meski nilai tukar dipengaruhi oleh faktor fundamental, namun fluktuasi mata uang lebih banyak dipengaruhi sentimen psikologi dan kepercayaan pasar.

"Komunikasi yang intens perlu dilakukan untuk menenangkan situasi, dan tentu saja pemerintah juga perlu menunjukkan keseriusan dalam mengambil tindakan untuk mengantisipasi kemungkinan krisis," tutup Setyo. [rmol]
Komentar

Tampilkan

Terkini