-->




Pabrik Mobil China Pertama di Indonesia Resmi Dibangun

20 Agustus, 2015, 15.24 WIB Last Updated 2015-08-20T08:24:22Z
JAKARTA - Kementerian Perindustrian meresmikan pembangunan pabrik perakitan kendaraan bermotor PT SAIC General Motors Wuling (SGMW) Motor Indonesia di Greendland International Industrial Center, Desa Sukamahi Kota Deltamas, Bekasi. Pabrik ini menjadi yang pertama dengan nilai investasi mencapai USD 700 juta atau sekitar Rp 7 triliun.

"Kami mengapresiasi yang setinggi-tingginya kepada SAIC Motor Corporation Ltd, General Motor dan Guangxi Motor Corporation, atas kepercayaan serta komitmennya berinvestasi di Indonesia," kata Dirjen ILMATE Kemenperin I Gusti Putu Surjawirawan seperti dilansir dari Antara di Kecamatan Cikarang Pusat, Bekasi, Jabar, Kamis (20/8).

Putu mengatakan, pembangunan pabrik ini tentu akan memberikan dampak ekonomi yang cukup signifikan bagi perekonomian nasional Indonesia, baik dalam bentuk penyediaan lapangan kerja maupun penerimaan pajak untuk menunjang pembangunan nasional.

Sementara itu, Wakil Presiden SGMW Yuan Zhijun mengatakan Indonesia merupakan ekonomi terbesar di Asia Tenggara dengan potensi besar di pasar mobil. "SGMW Motor Indonesia didirikan karena potensi dan peluang yang ada di sini. Kami akan memantapkan kehadiran kami di Indonesia," ujarnya.

Menurut dia, perusahaan hadir di Indonesia dengan tujuan perkembangan jangka panjang dan membangun sistem pasokan dan jaringan, sistem produksi, sistem pelayanan penjualan sistem pelayanan keuangan pada lingkungan investasi yang terbuka.

Pabrik tersebut berdiri di atas lahan seluas 60 hektare, di mana 30 hektar untuk pabrik produksi dan 30 hektare untuk wilayah pemasok. SGMW Motor merupakan salah satu produsen kendaraan di Tiongkok untuk "mini commercial vehicle" dan MPV. 

Adapun produk utama yang akan diproduksi pabrik tersebut adalah jenis MPV dengan merek "Wuling", yang diperkirakan akan mulai mengaspal pada 2017.[Merdeka]
Komentar

Tampilkan

Terkini