-->








Pasang Laut Sebabkan Ratusan Makam Amblas

26 Agustus, 2015, 18.25 WIB Last Updated 2015-08-26T11:26:06Z
LHOKSUKON - Pasang laut yang terjadi di Kuala Keureuto, Kecamatan Lapang, Aceh Utara menyebabkan abrasi hebat di kawasan itu.

Bahkan, diperkirakan ada ratusan makam di tempat pemakaman umum amblas dan menyebabkan tulang belulang berserakan dibawa air pasang ke sungai.

Kondisi seperti itu menurut warga sudah berlangsung bertahun-tahun pasca gelombang Tsunami menerjang. Daratan pinggir sungai Kuala Keureto kini amblas (abrasi, red) sepanjang hampir dua kilometer.

"Kondisi seperti ini kerap terjadi pada setiap menjelang akhir tahun, terlebih lagi jika musim pasang surut. Ratusan makam kini terbongkar akibat abrasi ini, tulang belulang berserakan ke sungai," kata Ismail warga setempat, Rabu (26/8/2015).

Hal ini dibenarkan Maksum Isa selaku Kepala Kecamatan Lapang. Pemerintah sendiri menurutnya sudah pernah melihat langsung abrasi tersebut.

"Tahun lalu sudah ada pengukuran dari pemerintah daerah. Tak hanya itu saja, permasaahan ini pun sudah kita bicarakan dalam musrembang beberapa waktu yang lalu. Jadi, sekarang kita tinggal menunggu hasilnya saja," ujar Maksum.

Dia mengatakan, untuk membenahi kondisi tersebut harus dibangun talud, dengan diperkirakan menghabiskan anggaran APBA.

Pihaknya berjanji akan terus memperjuangkan keinginan masyarakat guna dibangun talud supaya abrasi tidak meluas.[chairul]
Komentar

Tampilkan

Terkini