-->




Pembangunan Rumah Dhuafa di Aceh Utara Diminta Tepat Sasaran

05 Agustus, 2015, 18.17 WIB Last Updated 2015-08-05T11:18:41Z
LHOKSUKON - Pemerintah Kabupaten Aceh Utara diminta agar tepat pada sasaran dalam menetapkan pembangunan rumah dhuafa. Hal itu disampaikan ketua LSM Jaringan Aspirasi Rakyat Aceh (JARA), Iskandar SPdi, Rabu (5/8).

Hal ini berdasarkan pantauan pihaknya di lapangan terkait banyaknya rumah yang mestinya harus dibangun untuk masyarakat miskin. Namun penerima di desa-desa hanya di kalangan tertentu saja yang rumahnya masih layak huni.

“Bantuan tersebut seharusnya diberikan kepada masyarakat yang benar-benar membutuhkan. Pemerintah setempat seharusnya menyerahkan rumah bantuan tersebut kepada pihak kecamatan sesuai dengan jumlah yang ditentukan,” jelas Iskandar.

Menurutnya, bantuan rumah dhuafa tahun ini yang disalurkan oleh Pemerintah Aceh maupun Pemkab setempat masih banyak terdapat kelemahan yakni seperti penerima bantuan belum sepenuhnya tepat sasaran.

Misalnya, kata dia, sebagian penerima bantuan harus memiliki erat hubungan  dengan Partai Tertentu baru mendapatkan bantuannya,atau balas jasa. Sehingga banyak rakyat miskin tidak mendapatkan bantuan yang seharusnya berhak menerima bantuan tersebut.

“Jangan biarkan oknum-oknum tertentu yang menentukan penerima rumah bantuan. Akibatnya rumah bantuan itu tidak tepat sasaran. Masyarakat yang seharusnya layak menerima akan tetapi terabaikan,” ujarnya lagi.

Pihaknya dalam hal ini akan terus memantau program tersebut dan juga mengajak seluruh elemen masyarakat dan semua pihak mulai dari eksekutif, legislatif, LSM dan wartawan, serta aparat penegak hukum dapat ikut serta sama-sama mengawasi program tersebut.[chairul]
Komentar

Tampilkan

Terkini