-->




"Sekata Sepakat" Aceh Singkil Juara 1 PTN di TMII Jakarta

21 Agustus, 2015, 19.58 WIB Last Updated 2015-08-21T12:59:22Z
JAKARTA - Berkat penampilan Team  Kesenian Sekata Sepakat dari Kabupaten Aceh Singkil yang mewakili Provinsi Aceh, berhasil merebut gelar juara 1 pada Parade Tari Nusantara ke 34 di Jakarta.

Pengumuman sanggar tersebut sebagai juara dilakukan pada (21/8/2015), di Sasono Langen Budoyo, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta.

Team Kesenian “Sekata Sepakat” pada even tingkat nasional tersebut menampilkan tari berjudul tentang cerita rakyat "Penghuni Rawa Singkil atau Pengian Watang Lae Rawa Singkil”.

Kontingen kesenian Aceh yang langsung dikoordinir oleh Disbudparpora Aceh Singkil, di bawah binaan Ibu Bupati Aceh Singkil di bawah bimbingan Kabid Kebudayaan, Ibu Nurasiah SE.

Sanggar ini merebut piala untuk kategori penari Yel-yel terbaik.

“Kami sangat bersyukur atas kemenangan ini. Sebuah usaha yang tidak sia-sia,” kata Nurasiah, Jum'at (21/8/2015).

Untuk ajang Parade Tari Nusantara ke 34 Provinsi Aceh yang diwakili oleh Kabupaten Aceh Singkil, merebut juara 1 pada acara tersebut. Kontingen Aceh yang berjumlah 40 orang, 23 penari, 6 official.

Acara tersebut  juga dihadiri oleh Bupati Aceh Singkil  dan ibu Bupati serta dari unsur jajaran DPRK Aceh Singkil, tim ini mulai mempersiapkan tarian dari bulan puasa.

Kontingen Aceh berangkat ke jakarta pada tanggal 19 Agustus, sedangkan Parade Tari Nusantara Tingkat Nasional mulai berlangsung dari tangal 21-22 agustus 2015.

Hari pertama yaitu tanggal 21 Agustus diadakan pengenalan peserta dari masing-masing provinsi dan kemudian dilanjutkan dengan perlombaan Yel-yel dari setiap provinsi.

“Kami sangat bersyukur atas kemenangan ini. Sebuah usaha yang tidak sia-sia,” kata Nurasiah, Alhamdulillah, untuk lomba Yel-Yel Parade Tari Tingkat Nasional, Aceh dinobatkan sebagai Juara 1, untuk lomba tari tanggal 22 Agustus besok kontingen kesenian Aceh yang langsung dikordinir Disbudparpora Aceh Singkil.

Nurasiah sangat mengharapkan doa dari 3 juta rakyat Aceh serta dukungan langsung dari masyarakat Aceh yang ada di Jakarta, Aceh tampil pada undian ke 15 dan mohon doa restu dari seluruh rakyat Aceh.

Tarian “Sekata Sepakat”, jelas Nurasiah, mengisahkan tentang kegiatan masyarakat  yang mencari lokan di sungai dan seekor buaya pemangsa, di akhir cerita sang pemuda desa meninggal dimangsa buaya yang konon lokan adalah tempat pembaringan sang buaya.

"Acara tadi yel-yel nya sudah menang dan mendapakan juara 1, dan besok lomba tari tentang cerita rakyatnya," pungkasnya.[Razali]
Komentar

Tampilkan

Terkini