-->




Alhamdulillah, Indonesia Dapat Tambahan Kuota Haji Sebanyak 10.000

13 September, 2015, 17.55 WIB Last Updated 2015-09-13T10:55:32Z
JAKARTA - Kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Arab Saudi, yang diisi pertemuan maraton mulai dari Presiden Islamic Development Bank (IDB), Sekjen Organisasi Konferensi Islam (OKI), Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud, yang dilanjutkan dengan pertemuan bilateral kedua pemerintahan, serta pertemuan Presiden Jokowi dengan sejumlah menteri negara tersebut telah memberikan hasil yang menggembirakan.

Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung mengatakan, hasil pertemuan maraton yang dilakukan oleh Presiden Jokowi itu adalah dikabulkannya permintaan permintaan untuk mendapatkan tambahan kuota haji kepada Indonesia.

"Alhamdulilah untuk tahun depan mendapatkan tambahan sebanyak 10.000," kata Pramono kepada wartawan di Istana Raja Faisal, Jeddah, Sabtu (12/9) malam waktu setempat atau Minggu (13/9) dinihari WIB.

Menurut Pramono seperti dilanasir dari laman setkab.go.id, Presiden Jokowi tetap mengharapkan kuota yang lebih tetapi perhari ini Raja telah memberikan jawaban melalui Menteri Urusan Agama yang sekaligus utusan khusus dari Raja.

Kenapa kuota haji menjadi penting bagi Indonesia? Jelas Pramono, dengan jumlah penduduk muslim yang besar dengan kuota haji yang sekarang ini, orang bisa antri 10 tahun baru bisa berhaji. Maka dengan demikian harapan Presiden Jokowi selain tambahan 10.000, akan ada lagi fight minta tambahan, dan mudah-mudahan tahun depan dapat kembali lagi seperti awal sekitar 200.000 untuk kuota Indonesia. Saat ini kuota haji Indonesia adalah 168.000 orang.

Pramono juga menyampaikan, bahwa Presiden Jokowi secara sungguh-sungguh memberikan perhatian pada perbaikan pelayanan haji. Ia menilai musibah jatuhnya crane yang merenggut banyak korban merupakan force majeure atau bencana karena adanya badai.

"Tetapi yang lebih utama adalah agar pelayanan haji kita itu dapat ditingkatkan. Walaupun sekarang ini sudah mengalami kemajuan tetapi bahwa ini masih banyak kekurangan untuk melakukan perbaikan," politikus PDI Perjuangan itu mengutip pernyataan Presiden Jokowi. [rmol]
Komentar

Tampilkan

Terkini