-->




Idul Adha Jatuh Pada 24 September

13 September, 2015, 20.55 WIB Last Updated 2015-09-13T13:56:55Z
JAKARTA - Kementerian Agama (Kemenag) memutuskan hari raya Idul Adha jatuh pada hari Kamis, 24 September 2015.

Hal itu ditentukan berdasarkan hasil observasi terhadap hilal atau bulan yang dilakukan di seluruh Indonesia, pada hari ini, Minggu (13/9/2015).

Dirjen Bimas Islam, Kemenag, Machasin, dalam konfrensi persnya di kantor Kemenag, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, mengatakan dari hasil pemantauan terhadap hilal yang dilakukan di berbagai wilayah, mulai dari Aceh sampai Papua, tak satu pun yang melihat hilal.

"Jadi tahun ini kita menetapkan tanggal 1 Dzulhijjah jatuh pada selasa 15 September, artinya Idul Adha (jatuh pada) 24 September, harinya kamis," ujarnya.

Dengan demikian Idul Adha di Indonesia perayaannya lebih lambat satu hari dari perayaan Idul Adha di Arab Saudi, yang sudah ditentukan jatuh pada 23 September, dan sudah menentukan bahwa 1 Dzulhijjah jatuh pada hari Senin ini (14/9). Muhammadiyah juga merayakan Idul Adha pada hari yang sama dengan Arab Saudi.

Machasin mengingatkan kepada umat, bila ada perbedaan dalam penentuan hari raya Idul Adha, sebaiknya hal itu tidak dibesar-besarkan. Ia berharap umat dapat saling menghargai, dan menjaga persatuan.

"Kita memberikan kebebasan, tidak ada paksaan dalam masalah agama, jadi dipersilahkan saja, kita saling menghomati sesama muslim," jelasnya.

Pemerintah juga sudah menetapkan hari libur nasional pada 24 September mendatang. Bagi siswa maupun karyawan yang merayakan Idul Adha pada 23 September, Machasin menyebut penentuan hari libur untuk mereka adalah tergantung sekolah maupun perusahaan ataupun kantor masing-masing.[Tribunnews]
Komentar

Tampilkan

Terkini