-->








Ini Tanda Anda dan Pasangan Terlalu Saling Bergantung

31 Januari, 2016, 20.22 WIB Last Updated 2016-01-31T13:26:27Z
IST
MENJALIN hubungan yang erat dengan pasangan adalah hal yang membahagiakan. 

Namun, ketika Anda berdua terlalu lekat satu sama lain, sebenarnya ada banyak hal yang Anda lewatkan yang berkaitan dengan kebahagiaan diri sendiri.

Berikut adalah tanda jika Anda dan pasangan terlalu bergantung satu sama lain:

1. Jarang punya waktu untuk orang lain
Apabila Anda mulai tak punya waktu untuk berkumpul dengan keluarga dan sahabat Anda, artinya hubungan Anda terlalu menyita waktu masing-masing.

Scott Wetzler PhD, Psychology Division Chief, Albert Einstein College of Medicine, mengatakan, "Hubungan yang terlalu lekat satu sama lain dalah tanda nyata dari ketergantungan yang tak sehat,".

2. Anda tak pernah melakukan apapun sendirian
Jennifer Twardowski, pelatih hubungan menganjurkan untuk berhenti terlalu tergantung bersama pasangan, Anda harus mulai melakukan hal baru sendiri.

Anda harus bisa mandiri melakukan aktivitas yang Anda suka tanpa perlu bersama pasangan.

3. Sumber kebahagiaan Anda hanya hubungan Anda
"Orang yang terlalu tergantung adalah orang yang membiarkan kebiasaan orang lain mempengaruhinya dan orang yang terobsesi mengontrol kebiasaan orang lain," urai sebuah saran yang tertulis dalam karya Codependent karya Melody Beattie.

Pasangan Anda tak harus menjadi satu-satunya kebahagiaan dalam hidup Anda. Jika tak ada dia, Anda pun harus dapat tetap bahagia.

4. Sering merasa cemas ketika tak bersama
Psikolgis Seth Meyers mengatakan,  hubungan mulai tak sehat ketika seseorang sering merasa gelisah pada hubungannya, menghabiskan waktu dan energi untuk mengubah pasangan, atau selalu mencoba memenuhi permintaan pasangan.

5. Berperan sebagai orang tua dan anak
Hubungan menjadi sangat tak sehat ketika seseorang mencoba memenuhi kebutuhan dan keinginan orang lain tanpa memikirkan apa yang mereka sendiri inginkan dalam sebuah hubungan. Begitulah kata psikologis Mary Catherine Segota, PsyD,. [Kompas]
Komentar

Tampilkan

Terkini