-->








DPKP Upayakan Aceh Utara Bersih dari Sampah

31 Maret, 2016, 21.42 WIB Last Updated 2016-03-31T14:42:45Z
LHOKSUKON - Dinas Kebersihan Kabupaten Aceh Utara terus berupaya mewujudkan Kabupaten yang bersih dari sampah, dan sesuai dengan program Indonesia bahwa tahun 2020 Indonesia bebas dari sampah. Berbagai upaya terus dilakukan terutama dalam menyiapkan armada yang mencukupi.

Kepala Dinas Pasar, Kebersihan dan Pertamanan (DPKP), Fakhurrazi mengatakan, saat ini pihaknya memilki 32 unit armada pengangkut sampah.  Untuk satu armada saja, sampah yang diangkut mencapai sekitar enam kubik.

“Berbagai upaya terus kita lakukan agar Aceh Utara kita ini terbebas dari sampah, jika kabupaten kita ini nantinya bersih dari sampah maka sangat indah dan terasa nyaman serta jauh dari berbagai penyakit. Saat ini kita sudah mampu mengatasi permasalahan sampah yang ada di beberapa titik,” ujarnya melalui Kabid Kebersihan, Cut Ibrahim, kepada wartawan, Kamis (31/3).

Selain itu, upaya lain yang dilakukan adalah dengan cara menggelar sosialisasi kepada masyarakat dalam hal menangani persoalan atau mengelola sampah agar menjadi sumber penghasilan. Masyarakat diberi pemahaman untuk bagaimana mengelola sampah dengan menghasilkan sumber ekonomi.

“Kita berikan pemahaman melalui sosialisasi kepada masyarakat bagaimana mengelola sampah agar nantinya dapat menghasilkan sumber ekonomi. Dan alhamdulilah untuk sementara ini saya lihat dijalanan pusat kota Kecamatan mulai bersih dari sampah, kita harus tercapai dari program Indonesia yang terbebas dari sampah pada tahun 2020,” ucapnya lagi.

Untuk sementara ini menurutnya sejak menerima tambahan armada dari Pemerintah Kabupaten telah mampu mengatasi 200 kubik sampah dalam sehari dari 27 kecamatan yang ada. Namun tersisa sekitar 40 kubik lagi dalam sehari yang merupakan sampah-sampah disaluran. [chairul]
Komentar

Tampilkan

Terkini