-->








Bulan Puasa, Petugas Kebersihan Aceh Besar Kerja Ekstra

31 Mei, 2016, 10.11 WIB Last Updated 2016-05-31T03:11:16Z
JANTHO - Bulan Puasa Ramadhan tidak mengendorkan kerja petugas kebersihan pada Badan Lingkungan Hidup, Kebersihan, dan Pertamanan (BLHKP) Kabupaten Aceh Besar, justru pada bulan puasa mereka harus bekerja ekstra mengangkut volume sampah yang diprediksi meningkat drastis.

Kepala BLHKP Kabupaten Aceh Besar, Muhammad Abduh, S.Sos, mengatakan peningkatan volume sampah merupakan hal biasa selama bulan suci Ramadhan, namun penumpukan sampah tetap teratur pada tempatnya.

"Bulan puasa ini petugas kebersihan kita harus bekerja ekstra, karena adanya prediksi peningkatan volume sampah yang dihasilkan masyarakat untuk diangkut ke Tempat Pembuangan Sementara (TPS) dan Tempat Pembuangan Akhir (TPA)," ujar Abduh, dikonfirmasi wartawan di Kota Jantho Senin 30 Mai 2016.

Peningkatan volume sampah itu, jelas Abduh, dipicu oleh meningkatnya jumlah pedagang musiman yang menjual berbagai ragam makanan seprti air tebu,kelapa muda, berbuka puasa di banyak tempat pasar musiman di dalam kawasan Aceh Besar selama bulan Ramadhan.

"Volume sampah yang meningkat di bulan puasa ini seperti kulit kelapa muda, kulit buah-buahan, ampas tebu, sisa makanan, serta limbah rumah tangga serta pedagang musiman yang berjualan pada sore hari," kata Abduh.

Selain itu, ungkapnya, meningkatnya pola konsumsi masyarakat saat sahur dan berbuka juga menjadi penyebab meningkatnya volume sampah.

"Untuk itu, secara khusus setiap hari kita menurunkan lebih dari 30 petugas kebersihan untuk mengangkut sampah dengan menggunakan mobil truck untuk menjangkau tumpukan sampah sampai ke gang-gang kecil," sebut Abduh.

Ditambahkan Abduh, BLHKP Kabupaten Aceh Besar juga harus menambahkan waktu jam kerja bagi petugas kebersihan untuk shift malam selama bulan ramadhan.


"Dengan 108 personil petugas kebersihan. Hanya saja waktu kerja petugas kebersihan yang ada kita tambah, mengingat sampah di bulan puasa ini meningkat dibanding pada bulan lainnya," terang Abduh. [Dw]
Komentar

Tampilkan

Terkini