-->

Forum Alumni IAIN Langsa : Kampus Jangan Terlibat Politik Praktis!

21 Agustus, 2016, 23.34 WIB Last Updated 2016-08-22T09:05:43Z
LANGSA - Forum Alumni IAIN Langsa Lintas Angkatan  meminta Rektor IAIN Langsa menertibkan jajaran dibawahnya yang terlibat politik praktis karena lembaga pendidikan termasuk kampus harus terbebas dari kegiatan politik praktis sesuai dengan ketentuan yang ada pada pasal 86 undang-undang nomor 8 tahun 2012 tentang pemilu dimana dalam ketentuan tersebut disebutkan larangan kampanye sejumlah tempat salah satunya lembaga pendidikan dan kampus termasuk di dalamnya.

Hal ini disampaikan oleh Munawir, S.Sos. I, selaku Juru Bicara Forum Lintas Alumni IAIN Langsa Lintas Angkatan. Memobilisasi massa di kampus untuk mengusung salah satu pasangan calon merupakan sebuah kesalahan, termasuk diantaranya mendatangkan tokoh partai politik untuk memberikan ceramah atau seminar di kampus.

Apapun dalihnya, kampus IAIN Langsa harus bersih dari praktik politik, bersih dari pelaku politik yang berada dalam lingkungan kampus dan bersih dari slogan-slogan berbau politik. Rektor IAIN Langsa diminta harus segera mengambil tindakan tegas terkait hal ini.

“Adapun alasan pembelajaran politik bagi para pemilih pemula yaitu mahasiswa itu tidak dapat dibenarkan, karena pembelajaran politik dapat dilakukan dengan menghadirkan KPU bukan tokoh-tokoh partai atau underbow partai. Pihak rektorat IAIN Langsa harus dapat membedakan antara pendidikan politik dengan praktik politik,” ujar Munawir, S.Sos.I.

Para mahasiswa sebagai pemilih pemula menjadi sasaran yang sangat potensial para pasangan calon dan tim suksesnya. Sebuah kesalahan besar jika masih ada oknum-oknum staf/Dosen IAIN Langsa yang secara terang-terangan terlibat politik praktis dalam lingkungan kampus, karena hal tersebut dapat mencoreng nilai-nilai independensi Kampus IAIN Langsa.

“Dalam waktu dekat, Forum Alumni IAIN Langsa Lintas Angkatan akan melakukan audiensi dengan pihak Rektorat IAIN Langsa terkait permasalahan ini," tutup Munawir, S.Sos.I, selaku Juru Bicara Forum Alumni IAIN Langsa Lintas Angkatan.[Red/KR]
Komentar

Tampilkan

Terkini