-->

PuKAT Aceh, Bantuan Pestisida Distannak Aceh Selatan Kemana?

21 Agustus, 2016, 18.40 WIB Last Updated 2016-08-21T11:40:55Z
ACEH SELATAN - Wakil Ketua Pusat Kajian Analisis Transaksi Keuangan (PuKAT) Aceh mempertanyakan penyaluran pestisida bantuan untuk kelompok tani dari Dinas Pertanian dan Perternakan (Distannak) Kabupaten Aceh Selatan. Paket pestisida tersebut dianggarkan dalam APBK Perubahan 2015.

"Dalam APBK Perubahan 2015, ada pengadaan bibit jagung dan pengadaan pestisida untuk delapan kecamatan dalam Kabupaten Aceh Selatan. Bibit jagung kabarnya sudah disalurkan, sedangkan pestisida belum di salurkan," kata Ketua PuKAT Aceh, Adi Irawan kepada LintasAtjeh.com, Jum’at (19/8/2016).

Kata dia, dalam Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) SKPK Dinas Pertanian dan Peternakan, paket pestisida bantuan sudah dilakukan pembelian, namun tidak sampai kepada masyarakat dengan alasan untuk pembelian pupuk dan dialihkan ke pembelian traktor.

“Namun untuk pembelian traktor juga belum diketahui keberadaannya. Kita minta kepada pihak penegak hukum agar mengusut kasus ini," ungkap Adi.

Adi menyebutkan ada  delapan kecamatan belum menerima pupuk yakni Labuhan Haji Barat, Labuhan Haji, Labuhan Haji Timur, Pasie Raja, Kleut Timur, Kleut Utara, Kleut Selatan, Kleut Tengah, Bakongan, dan Trumon dengan luas areal 847 Hektar.

"Saya sudah cek ke kecamatan, mereka mengaku tidak mendapatkan bantuan pestisida tersebut, bahkan masyarakat petani terpaksa membeli pestisida sendiri," sebutnya.

Kita coba konfirmasi kepada Kepala Dinas Pertanian dan Perternakan Kabupaten Aceh Selatan, Yulizar tapi dirinya tidak ada di tempat, ketika dihubungi lewat HP nomornya tidak aktif. Kata stafnya, dia mungkin sedang ada kegiatan luar.

Sementara, Sekretaris Dinas Pertanian dan Peternakan, Maryam ketika dikonfirmasi mengatakan tidak tahu hal itu.

"Saya tidak tahu hal itu, coba tanya saja hal itu kepada Kabid Produksi," ucapnya singkat.

Sedangkan Kabid Produksi Distannak Aceh Selatan Ishaq, ketika dikonfirmasi ia juga mengaku tidak mengetahuinya.

"Saya baru menjabat disini," kilahnya.[Delfi]
Komentar

Tampilkan

Terkini