-->


Amien Rais Ancam Lengserkan Zulkifli Hasan Jika PAN Dukung Ahok

12 September, 2016, 12.57 WIB Last Updated 2016-09-12T05:57:46Z

IST
JAKARTA - Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional Amien Rais menolak jika partainya mendukung petahana Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dalam Pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2017.

Jika PAN sampai memutuskan untuk mendukung Ahok, Amien mengancam akan menggalang kongres luar biasa yang akan melengserkan Zulkifli Hasan dari kursi Ketua Umum PAN.

"Saya sudah wanti-wanti kalau PAN sampai dukung Ahok, saya minta kongres luar biasa," kata Amien Rais seusai shalat Idul Adha di Rumah Sakit Islam, Sukapura, Jakarta Utara, Senin (12/9/2016).

Ketua Majelis Pertimbangan Partai Dewan Pimpinan Pusat Partai Amanat Nasinal Amien Rais menyampaikan pidato dalam acara pengukuhan pengurus Dewan Pimpinan Daerah PAN Jakarta Utara, Sabtu (28/12/2013). Dalam pidatonya Amien menegaskan kembali semangat kader PAN yang akan memenangkan pemilu 2014, dan menjadikan Ketua Umum PAN Hatta Rajasa sebagai Presiden RI.

Untungnya, lanjut Amien, saat ini ia melihat Zulkifli dan pengurus Dewan Pimpinan Pusat PAN memang sudah solid untuk tidak mendukung Ahok.

PAN, kata dia, sepakat menganggap Ahok sebagai pemimpin yang tidak prorakyat kecil dan tak layak diusung.

"Walau sekarang di DKI PAN agak lembek karena cuma ada dua kursi, tapi PAN punya sikap juga," lanjut Amien.

Mantan Ketua MPR ini meyakini masih banyak calon lain yang bisa diusung untuk mengalahkan petahana, seperti Yusril Ihza Mahendra dan Rizal Ramli.

Adapun untuk menyiasati kursi DPRD DKI yang minim, PAN akan bergabung dengan partai-partai di koalisi kekeluargaan.

Zulkifli sebelumnya berkali-kali mengaku bahwa pihaknya ingin mengusung Wali Kota Tri Rismaharini dalam Pilgub DKI.

Risma dianggap sosok yang mampu mengimbangi Ahok. Oleh karena itu, PAN terus melobi PDI Perjuangan agar mau mengusung Risma.[Kompas]
Komentar

Tampilkan

Terkini